Paramyta, Ghaluh Pradnya (2015) STUDI ANALISIS BIMBINGAN KONSELING ISLAM DENGAN PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF BEHAVIOR DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK KELAS VII MTS DARUL ULUM PURWOGONDO KALINYAMATAN JEPARA. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (356kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (368kB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (297kB) |
|
Text
5. BAB 2.pdf Download (413kB) |
|
Text
6. BAB 3.pdf Download (302kB) |
|
Text
7. BAB 4.pdf Download (407kB) |
|
Text
8. BAB 5.pdf Download (281kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (278kB) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai peneliti adalah Untuk mengetahui pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam dengan pendekatan rasional emotif behavior dalam meningkatkan akhlak peserta didik kelas VII MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara, dan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan bimbingan konseling Islam dengan pendekatan rasional emotif behavior dalam meningkatkan akhlak peserta didik. Adapun manfaat yang akan dicapai dari penelitian ini secara akademik dapat memberikan kontribusi pemikiran dan ikut memperluas wacana keilmuan, Secara sosial pendidikan, karya tulis ilmiah ini dapat dijadikan salah satu bahan pijakan sekaligus pertimbangan semua pihak khususnya guru BK, Dalam wacana keilmuan, karya ini dihapkan dapat ikut memperkaya khasanah karya tulis ilmiah yang telah ada, sehingga dapat menjadi rujukan bagi kebijakan yang akan di ambil dalam bidang ilmu pengetahuan, Penelitian ini dapat berguna dalam pengembangan pembangunan dan peningkatan khazanah ilmiah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sekolah. Metode yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, menggunakan sumber data primer dan skunder, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dalam analisis data menggunakan model interaktif yang semuanya saling berhubungan. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, Bimbingan yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan akhlakul karimah pada anak di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara, adalah (1) Bimbingan dengan keteladanan, (2) Bimbingan dengan adat kebiasaan, (3) bimbingan dengan nassehat, (4) bimbingan dengan pengawasan, dan yang ke (5) bimbingan dengan hukuman. Kedua, Faktor yang mendorong dan faktor yang menghambat atau tantangan pembimbing dalam meningkatkan akhlakul karimah pada anak-anak di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara adalah Faktor pendorong atau pendukung yaitu guru yang profesional serta sarana dan prasarana yang mendukung adalah faktor yang berpegaruh terhadap akhlak anak. faktor yang menghambat yakni pribadi anak, lingkungan sosial dan maraknya dunia informasi. Kata Kunci : Guru BK, Rasional Emotif Behavior, Akhlakul Karimah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Jun 2017 02:13 |
Last Modified: | 04 Jun 2017 02:13 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1134 |
Actions (login required)
View Item |