Pengembangan Komik IPA Berorientasi I-STEM (Islamic, Science, Technology, Engineering, and Mathematic) Topik Sistem Peredaran Darah pada Manusia untuk Siswa MTs/SMP

Magfiroh, Ririn Isna (2023) Pengembangan Komik IPA Berorientasi I-STEM (Islamic, Science, Technology, Engineering, and Mathematic) Topik Sistem Peredaran Darah pada Manusia untuk Siswa MTs/SMP. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (62kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Media pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik, mampu meningkatkan literasi sains, dan dirancang agar peserta didik dapat memecahkan masalah autentik dalam kehidupan sehari-hari serta diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman diperlukan untuk melatih ketrampilan atau kompetensi peserta didik yang diperlukan untuk hidup pada abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk komik IPA berorientasi Islamic, Science, Technology, Engineering, dan Mathematic untuk siswa MTs/SMP. Penelitian ini menggunakan prosedur R&D yang meliputi tahap define, design, dan develop. Pola one-grup pretest-posttest design digunakan untuk menguji hasil pengembangan media dan pengaruhnya dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Data dikumpulkan melalui teknik tes (tes literasi sains) dan non-tes (angket validasi ahli media dan materi; angket respon peserta didik kelompok kecil dan besar; dan agket respon pendidik). Subjek uji coba terdiri 10 peserta didik kelas IX dan 39 peserta didik kelas VIII MTs Nurul Burhan Blingoh. Hasil penelitian menunjukkan (1) Komik IPA beorientasi Islamic, Science, Technology, Engineering, dan Mathematic (I-STEM) dikembangkan dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yang terdiri dari tahap define, design, dan develop. (2) Secara umum komik IPA berorientasi I-STEM yang dikembangkan memenuhi kriteria layak. Kelayakan komik IPA berorientasi I-STEM berdasarkan validasi ahli media memperoleh skor 0,94, validasi ahli materi memperoleh skor 0,82, respon pendidik memperoleh skor 0,95, dan respon peserta didik memperoleh skor 84%. (3) Kemampuan literasi sains peserta didik mengalami peningkatan setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan komik IPA berorientasi I-STEM, ditunjukkan dengan hasil rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,82 dengan kategori tinggi sehingga dalam konteks pembelajaran komik IPA berorientasi I-STEM cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFawaida, UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komik IPA, I-STEM, Literasi Sains
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 07:34
Last Modified: 22 Oct 2023 07:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11343

Actions (login required)

View Item View Item