Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas X di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus

Musdalifah, Novi Linda (2023) Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas X di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (803kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (408kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (569kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (483kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya karakter pada peserta didik, yang disebabkan dari kurangnya pengetahuan agama dan pendidikan karakter, sehingga dibutuhkannya pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan kepada peserta didik untuk diimplementasikan di dalam kehidupannya sehari-hari. Untuk itu, peneliti melakukan penelitian terhadap peran guru PAI dalam membentuk karakter religius pada siswa kelas X di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus. Penelitian ini bertujuan, pertama, mengetahui karakter religius siswa kelas X. Kedua, untuk mengetahui peran dari guru PAI dalam membentuk karakter religius peserta didik. Ketiga, untuk mengetahui faktor pendukung, faktor penghambat, dan solusi dari pembentukan karakter religius siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah Bagian Keagamaan, guru PAI, dan siswa kelas X. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam proses analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Karakter religius siswa kelas X sudah baik, ditandai dengan perilaku siswa di sekolah seperti Salat Zuhur dan Duha, hadir tepat waktu, melaksanakan tugas piket, menerpakan 5S, serta memiliki karakter disiplin, mandiri, tanggung jawab, jujur, serta peduli sosial yang dihasilkan dari mengikuti kegiatan keagamaan. (2) Peran guru PAI dalam pembentukan karakter yaitu sebagai mediator dengan menjadi penyampai materi dalam kegiatan sorogan, sebagai teladan dengan memberikan contoh perilaku yang baik, sebagai motivator dengan memberikan dorongan, semangat, serta nasihat untuk selalu mengikuti kegiatan keagamaan, dan sebagai pendidik dengan memberikan pelajaran teori terkait karakter yang baik. (3) Faktor pendukung dari pembentukan karakter religius yaitu dukungan dari pihak madrasah, keterlibatan guru, dan lingkungan yang mendukung. Selain itu, faktor penghambatnya yaitu lingkungan luar, kurangnya dukungan orang tua, dan pendidikan dasar yang kurang. Adapun solusinya yaitu pembinaan peserta didik, sosialisasi wali murid dan pelajaran tambahan seperti tajwid yang memuat BTQ. Manfaat dari kegiatan keagamaan yaitu menjadikan siswa lebih taat dalam beribadah sehingga siswa memiliki karakter religius yang baik untuk diimplementasikan dalam kehidupannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayat, AatUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Karakter Religius
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 07:48
Last Modified: 22 Oct 2023 07:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11355

Actions (login required)

View Item View Item