Peran Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca, Menulis, dan Berhitung Pada Siswa Kelas II MI NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus

Widiyawati, Widiyawati (2023) Peran Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca, Menulis, dan Berhitung Pada Siswa Kelas II MI NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (451kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (374kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (570kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (868kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (573kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (970kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (374kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (575kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendeskripsikan realitas kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung yang di alami pada siswa kelas II di MI NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. 2. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung pada siswa kelas II di MI NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. 3. Mendeskripsikan peran guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung pada siswa kelas II di MI NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Penelitian pada skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan kualitatif. Kemudian data pada penelitian ini, di dapatkan sumber data primernya berasal dari data observasi yang bersifat langsung dan wawancara dengan subjek yang bersangkutan yaitu siswa kelas II B, guru wali kelas II B, dan kepala sekolah MI NU Al-Falah. Data sekunder peneliti ini dikumpulkan berasal dari beberapa dokumen data milik MI NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) realitas kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung yang di alami siswa kelas II MI NU Al-Falah yaitu siswa masih belum menghafal huruf alphabet tertentu misal m,n,q, dan d, siswa membaca dengan mengeja dan tersendat-sendat, kesulitan membaca satu suku kata, menulis dengan lambat, menulis sampai keluar garis, ragu-ragu dalam berhitung serta sulit membilangan ratusan. 2) faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca, menulis dan berhitung pada siswa kelas II yakni faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa dan faktor eksternal yang berasal dari luar contohnya dari keluarga. 3) peran guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung di kelas II MI NU Al-Falah antara lain melakukan bimbingan dan pendekatan fisik kepada masing-masing siswa yang mengalami kesulitan membaca, menulis dan berhitung, menggunakan metode dan media yang sesuai dengan kemampuan siswa, mengadakan les calistung, membiasakan kuis matematika sebelum pulang sekolah, dan memberi motivasi serta nasehat kepada siswa. Selain itu peran guru dengan menggunaan media dan metode belajar yang di sesuaikan dengan kemampuan siswa bisa efektif karena secara tidak langsung anak bisa belajar membaca, menulis, dan berhitung dengan bermain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRetnanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran guru, kesulitan belajar, membaca, menulis, berhitung
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 07:54
Last Modified: 22 Oct 2023 07:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11359

Actions (login required)

View Item View Item