Roykhan, Muhammad Rafi (2023) Strategi Marketing Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah BSI Cabang Kudus (Studi Pada Kampus IAIN Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (685kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (597kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (485kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (529kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (196kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (490kB) |
Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mempertahankan loyalitas nasabah dengan cara menggunakan strategi marketing 9P (Product, Price , Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence, People Opinion, Political Power) dan juga memanfaatkan sistem strategi marketing dalam bentuk kemitraan dalam mempertahankan loyalitas nasabah pada sebuah lembaga atau instasi terkait. Pendekatan dan Jenis Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Adapun Objek penelitian ini adalah Pihak Bank Syariah Indoensia KC 1 A Yani Kudus dan Subjeknya adalah Kampus IAIN Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu pengumpulan data dari informasi sejenis dari berbagai sumber yang berbeda Hasil penelitian ini menunjukan bahwa BSI KC 1 A Yani Kudus menggunakan strategi marketing 9P (Product, Price , Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence, People Opinion, Political Power). Strategi BSI meliputi prioritas pada kualitas produk yang memiliki value islamiyah. Penetapan harga yang sesuai sehingga terjangkau oleh semua kalangan. Lokasi strategis di pusat kota dan disamping jalan raya sehingga memudahkan akses transaksi nasabah. Promosi menggunakan media cetak dan media sosial. Memperhatikan karyawan dan citra perusahaan. Efisiensi operasional melalui teknologi digital. Tata letak bank yang nyaman dan identik dengan ornamen islami. Pemantauan dan respons terhadap tanggapan pelanggan serta opini publik. kepatuhan terhadap kebijakan politik dan regulasi industri, namun tidak menggunakan strategi politik untuk kepentingan lembaga. Kerjasama BSI dengan kampus IAIN Kudus memberikan manfaat kepada Bank Syariah Indonesia yakni (produktivitas, efisiensi, jaminan kualitas kuantitas, risiko, sosial, ketahanan ekonomi nasional), serta berdasarkan data nasabah IAIN Kudus merupakan nasabah yang loyal terhadap BSI KC 1 A Yani Kudus. Alasan itulah yang membuat BSI masih mempertahankan loyalitas nasabah kampus IAIN Kudus. Kemudian, dalam pelaksanaan kerjasama ada kendala-kendala yang di hadapi. Akan tetapi, terdapat solusi dalam menghadapi kendala tersebut
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Marketing, Loyalitas Nasabah, Mitra, Perbankan Syariah | |||||||||
Subjects: | 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis Bisnis 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen Bisnis > Manajemen 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 07:56 | |||||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 07:56 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11360 |
Actions (login required)
View Item |