Resepsi Santri Terhadap Penggunaan Aplikasi Al-Qur'an Digital (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz An-Nasuciyyah Kudus)

Budiono, Arif (2023) Resepsi Santri Terhadap Penggunaan Aplikasi Al-Qur'an Digital (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz An-Nasuciyyah Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (534kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (705kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (454kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (898kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana resepsi santri Pondok Pesantren Tahfidz An-Nasuchiyyah Kudus terkait penggunaan aplikasi Qur’an digital. (2) Untuk mengetahui bagaimana pengaplikasian penggunaan aplikasi Qur’an digital pada santri Pondok Pesantren Tahfidz An-Nasuchiyyah Kudus. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif dengan pendekatan living Qur’an. Subjek dalam penelitian ini adalah Kyai, pengurus dan santri. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Resepsi Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An-Nasuchiyyah Kudus Terkait Penggunaan Aplikasi Qur’an Digital yaitu al-Qur’an digital yaitu al-Qur’an yang berbentuk file atau aplikasi yang dapat di unduh melalui jaringan internet di laptop atau HP. Al-Qur’an digital juga memberikan kemudahan bagi penggunannya baik mudah dalam membawanya maupun membacanya. Al-Qur’an digital juga memberikan kemudahan tersendiri bagi para penggunanya baik digunakan untuk membaca al-Qur’an, melancarkan haafalan al-Qur’an bagi para santri penghafal al-Qur’an, sampai dapat mencari arti bahkan tafsiran ayat-ayat tertentu dalam al-Qur’an. Pengaplikasian Penggunaan Aplikasi Qur’an Digital Pada Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An-Nasuchiyyah Kudus dapat disimpulkan yaitu al-Qur’an digital digunakan khususnya para santri penghafal al-Qur’an sebagai berikut; Qur’an digital digunakan untuk mempermudah ketika menghafal atau melalar hafalah di manapun, Qur’an Digital digunakan untuk membantu kegiatan belajar ketika di kelas ataupun di mana saja, Qur’an digital digunakan untuk membantu mencari ayat dan terjemahnya dari ayat tertentu. Meskipun menggunakan al-Qur’an digital santri penghafal al-Qur’an juga menerapkan adab-adab atau tata krama dalam membaca atau membawa al-Qur’an digital, seperti dalam membaca al-Qur’an harus dengan tata cara yang baik, seperti harus dalam keadaan suci dan tidak boleh membawa atau menggunakan al-Qur’an baik dalam bentuk mushaf atau digital didalam toilet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfif, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Resepsi Santri, Aplikasi Al-Qur'an Digital, Living Qur’an
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Quran Tafsir
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 08:09
Last Modified: 22 Oct 2023 08:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11368

Actions (login required)

View Item View Item