IMPLEMENTASI METODE PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NU MIFTAHUL ULUM LORAM JATI KUDUS

Mulyani, Indah (2016) IMPLEMENTASI METODE PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NU MIFTAHUL ULUM LORAM JATI KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perencanaan Metode Probing Prompting untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MTS NU Miftahul Ulum Loram Jati Kudus. 2) Pelaksanaan Metode Probing Prompting untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MTS NU Miftahul Ulum Loram Jati Kudus. 3) Evaluasi Metode Probing Prompting untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MTS NU Miftahul Ulum Loram Jati Kudus. 4) Dampak Metode Probing Prompting untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MTS NU Miftahul Ulum Loram Jati Kudus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara terhadap instansi terkait yaitu, MTs NU Miftahul Ulum Loram Jati Kudus mengenai implementasi metode pembelajaran Probing Prompting, kemudian observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala madrasah, guru, waka kurikulum dan peserta didik. Aktivitas yang dilakukan yakni terkait dengan suasana proses pembelajaran Fiqih di kelas VIII, dan penerapan metode pembelajaran Probing Prompting dalam mata pelajaran Fiqih. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Perencanaan Metode Probing Prompting untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs NU Miftahul Ulum Loram Jati Kudus berdasarkan hasil penelitian adalah baik. Hal ini dibuktikan bahwa sebelum mengadakan proses belajar mengajar terlebih dahulu memikirkan rancangan pembelajaan secara umum yang tepat sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik dengan mengetahui sasaran apa yang akan dituju kemudian membuat planning dan menyusun RPP, 2) Pelaksanaan Metode Probing Prompting untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih dilaksanakan melalui 5 fase yaitu fase penyajian materi, fase pemberian tugas, fase pelaksanaan diskusi, fase pertanggungjawaban tugas, dan fase refleksi, 3) Evaluasi Metode Probing Prompting untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung, saat pembelajaran selesai, dan pada tengah dan akhir semester, 4) Dampak Metode Probing Prompting untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih menjadikan peserta didik lebih aktif berani bertanya, mengemukakan pendapat, dapat memahami dan menganalisis materi, serta mengaplikasikan dalam kehidupan. Kata Kunci : Metode Probing Prompting, Kemampuan Berpikir Analisis, Mata Pelajaran, Fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jun 2017 02:54
Last Modified: 04 Jun 2017 02:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item View Item