Pengembangan Fotonovela Berbasis Proyek : Pembuatan Tepung Fermentasi pada Materi Perubahan Zat kelas VII SMP/MTs untuk Mengembangkan Keterampilan Inquiry Siswa

Faustinasari, Damara Kartika (2023) Pengembangan Fotonovela Berbasis Proyek : Pembuatan Tepung Fermentasi pada Materi Perubahan Zat kelas VII SMP/MTs untuk Mengembangkan Keterampilan Inquiry Siswa. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (346kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (558kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (426kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (209kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstract

Masih rendahnya kualitas pembelajaran, khususnya pada jenjang dasar dan menengah. Salah satu permasalahan yang ada adalah kurangnya media pembelajaran yang menunjang pembelajaran dan guru masih menggunakan model pembelajaran ceramah yang membuat siswa pasif dan gagal menangkap penjelasan dari guru. Dalam hal ini media pembelajaran fotonovela berbasis proyek pembuatan tepung fermentasi dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan inquiry siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) formulasi tepung fermentasi dari umbi-umbian, (2) mendeskripsikan desain media pembelajaran fotonovela berbasis proyek pembuatan tepung fermentasi pada materi perubahan zat, (3) pengembangan media pembelajaran fotonovela berbasis proyek pembuatan tepung fermentasi pada materi perubahan zat yang tervalidasi oleh validator, respon penilaian guru dan respon siswa. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan ADDIE menggunakan 5 tahapan. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Analisis data dilakukan dengan skala Likert. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran fotonovela sebagai pendamping dalam pembelajaran IPA pada materi perubahan zat kelas VII SMP/MTs. Spesifikasi fotonovela yang dikembangkan berupa fotonovela yang berbasis proyek dilengkapi project based learning pada materi perubahan zat, proyek pembuatan tepung fermentasi dilengkapi 6 tahap untuk mengembangkan keterampilan inquiry, dan penilaian keterampilan inquiry. Fotonovela dikatakan valid berdasarkan hasil validitas ahli media dengan presentase 96,25% dengan kriteria “sangat valid” dan ahli materi dengan presentase 97,14% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil uji coba respon guru data presentase kelayakan sebesar 95,54% dengan kriteria “sangat baik” dan dari siswa sebesar 83,19% dengan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian, dari hasil uji validitas dan respon, produk fotonovela berbasis proyek dinyatakan memiliki kelayakan sangat baik dan sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRaida, Sulasfiana AlfiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fotonovela, PjBL, Keterampilan Inquiry
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:30
Last Modified: 23 Oct 2023 08:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11390

Actions (login required)

View Item View Item