Studi Analisis Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MI Tarbiyatul Mubtadi Danyangmulyo Winong Pati Tahun Pelajaran 2022/2023

Ijtihad, Faridul (2023) Studi Analisis Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MI Tarbiyatul Mubtadi Danyangmulyo Winong Pati Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (903kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (559kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (845kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (276kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAJA.pdf

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, (2) mengetahui bagaimana kualitas pendidikan di tempat penelitian dan (3) mengetahui faktor penghambat dan pendukung kualitas pendidikan di tempat penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan yang dilakukan di MI Tarbiyatul Mubtadi pada tahun pelajaran 2022/2023. Kepala sekolah adalah subjek utama dalam penelitian ini. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui interview, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara tringulasi, pemeriksaan teman sejawat dengan diskusi, dan penggunaan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kepala sekolah memiliki tujuh peran yang dijalankan sebagai pimpinan sekolah. Kemaksimalan pelaksanaan peran-peran tersebut berpengaruh besar terhadap satuan pendidikan dan kualitas pendidikan yang diselenggarakan satuan pendidikan yang dipimpinnya. (2) Kualitas pendidikan di MI Tarbiyatul Mubtadi mengacu pada telah terpenuhinya Standar Nasional Pendidikan akibat sinergitas berbagai pihak terkait dalam kendali kepala sekolah. MI Tarbiyatul Mubtadi juga menunjukkan hal yang berbeda pada tahun pelajaran 2022/2023, dengan ditambahkannya mapel Tahfidz, raihan prestasi, pembinaan prestasi, akreditasi, dan mulai dilaksanakannya kurikulum merdeka. (3) Faktor pendukung kualitas pendidikan di MI Tarbiyatul Mubtadi adalah hubungan yang baik antara komite, kepala sekolah, antar guru, dan kepada masyarakat, serta lingkungan yang agamis. Faktor penghambatnya yaitu masalah pendanaan dan kurangnya minat belajar peserta didik akibat sering main gadget.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepala sekolah, Kualitas pendidikan, faktor
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Oct 2023 09:08
Last Modified: 23 Oct 2023 09:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11391

Actions (login required)

View Item View Item