Pengembangan Media Pembelajaran Ordika (Koordinat Kartesius) Berpendekatan Realistic Mathematics Education Menggunakan Adobe Animate CC Untuk Kelas VIII

Fitrahani, Aliya (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Ordika (Koordinat Kartesius) Berpendekatan Realistic Mathematics Education Menggunakan Adobe Animate CC Untuk Kelas VIII. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (306kB)
[img] Text
03. Daftar isi.pdf

Download (355kB)
[img] Text
04. Bab 1.pdf

Download (485kB)
[img] Text
05. Bab 2.pdf

Download (990kB)
[img] Text
06. Bab 3.pdf

Download (512kB)
[img] Text
07. Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08. Bab 5.pdf

Download (274kB)
[img] Text
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (378kB)

Abstract

Kurangnya penguasaan materi koordinat kartesius pada matematika SMP/MTs karena minimnya inovasi media pembelajaran digital merupakan landasan dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Ordika (Koordinat Kartesius) berpendekatan Realistic Mathematics Education menggunakan Adobe Animate CC untuk Kelas VIII; (2) mengetahui tingkat kelayakan Aplikasi Ordika; (3) mengetahui tingkat kepraktisan Aplikasi Ordika. Penelitian ini digarap dengan metode penelitian Research and Development (R&D) menggunakan prosedur Four-D (4D) Thiagarajan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri atas lembar pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Mu’allimat NU Kudus dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Proses pengembangan Aplikasi Ordika dengan prosedur pengembangan 4D melalui empat tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate; (2) Uji kelayakan Aplikasi Ordika dari segi materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase kelayakan 94%. Dari segi kelayakan media, juga mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 97%; (3) Uji kepraktisan skala kecil dengan 10 responden mendapatkan persentase kepraktisan 96% dengan kriteria sangat layak. Selanjutnya, uji skala besar dengan 40 responden juga mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 90,18%. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Ordika (Koordinat Kartesius) berpendekatan Realistic Mathematics Education menggunakan Adobe Animate CC untuk Kelas VIII layak dan praktis untuk digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalasari, Putri NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Matematika, Koordinat Kartesius, Realistic Mathematics Education, Adobe Animate CC
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Oct 2023 08:47
Last Modified: 25 Oct 2023 08:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11397

Actions (login required)

View Item View Item