Ulya, Khikmatul (2016) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BATIK KUDUS (STUDI ANALISIS SWOT USAHA BATIK KUDUS DI ALFA SHOOFA BATIK KUDUS). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (316kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (335kB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (301kB) |
|
Text
5. BAB 2.pdf Download (453kB) |
|
Text
6. BAB 3.pdf Download (301kB) |
|
Text
7. BAB 4.pdf Download (500kB) |
|
Text
8. BAB 5.pdf Download (276kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
Abstract
Strategi Pengembangan Usaha Batik Kudus (Studi Analisis SWOT Usaha Batik Kudus Di Alfa Shoofa Batik Kudus), dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan yaitu bagaimana strategi pengembangan sumber daya manusia, strategi pengembangan produk, strategi pemasaran serta bagaimana analisis SWOT usaha batik Kudus di Alfa Shoofa Batik Kudus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan sumber daya manusia, strategi pengembangan produk, dan strategi pemasaran dari Alfa Shoofa Batik Kudus, serta untuk menentukan alternatif strategi di Alfa Shoofa Batik Kudus dalam mengembangkan usaha batik Kudus dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif (field research) dengan pendekatan deskriptif sehingga memberikan gambaran adanya situasi dan kondisi yang terjadi pada Alfa Shoofa Batik Kudus yang mana berkaitan dengan strategi pengembanganya. Dengan teknik pengumpulan data metode observasi, wawancara dan dokumentasi serta uji keabsahan data triangulasi. Analisis data sebelum di lapangan dan analisis data di lapangan model Miles dan Huberman. Penelitian ini menghasilkan bahwa ada beberapa strategi pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan oleh Alfa Shoofa Batik Kudus yaitu on the job, training methods, coaching, serta mendatangkan guru ahli membatik ke Alfa Shoofa Batik Kudus. Strategi pengembangan produknya dengan menyempurnakan model produk yang lebih bervariasi, memperjelas keunikan dan kekhasan batik Kudus, serta memberi tambahan pada model/ pilihan produk Batik Kudus. Strategi pemasaran Alfa Shoofa Batik Kudus terkait segmentasinya berdasarkan pada segi demografis yang terdiri dari pendapatan, pengetahuan, juga umur, target pasarnya yaitu batik tulis untuk kalangan menengah keatas, dan batik cap untuk semua kalangan, dengan positioning produknya yaitu batik Kudus tidak menyusut, tidak luntur, serta asli handmade. Analisis SWOT usaha Batik Kudus menggunakan matriks SWOT menghasilkan 10 alternatif strategi pengembangan yang dapat diterapkan di Alfa Shoofa Batik Kudus di antaranya, yaitu : menggunakan teknologi modern, meningkatkan kualitas dan mutu produk, menggunakan bantuan modal dari pemerintah, mengadakan pelatihan untuk karyawan, merekrut tenaga ahli, menjalin kerja sama dengan pedagang atau pengusaha batik lain menambah saluran distribusi, dan meningkatkan promosi, meningkatkan pelatihan batik untuk menjaring tenaga kerja. Keyword : Batik Kudus, Pengembangan Usaha, Analisis SWOT
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Produksi dan Industri 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, Komunikasi, Transportasi > Perdagangan |
Divisions: | Fakultas Syariah > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Jun 2017 03:03 |
Last Modified: | 04 Jun 2017 03:03 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1140 |
Actions (login required)
View Item |