Implementasi Jual Beli Melalui Sistem Dropshipping Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha SB Store Purwodadi Perspektif Ekonomi Syariah.

Istikomah, Istikomah (2023) Implementasi Jual Beli Melalui Sistem Dropshipping Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha SB Store Purwodadi Perspektif Ekonomi Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (855kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendapatkan deskripsi mendalam tentang implementasi jual beli melalui sistem dropshipping pada usaha toko SB Store Purwodadi, (2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat jual beli melalui sistem dropshiping pada usaha toko SB Store Purwodadi, (3) Untuk mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap implementasi jual beli melalui sistem dropshiping dalam meningkatkan penjualan pada usaha toko SB Store Purwodadi. Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, suatu jenis penelitian yang mengkaji suatu objek pada latar alamiah dengan metode-metode yang alamiah yang hasil temuannya tidak generalisasi berdasarkan ukuran-ukuran kuantitas, namun makna dari fenomena yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, dan member chech.. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian diperoleh Implementasi jual beli dengan sistem dropshipping yang dilakukan oleh pihak SB Store Purwodadi dengan cara penjual atau dropshipper tidak memiliki barang, barang yang dipesan akan dikirimkan oleh supplier kepada para pembeli dengan nama pengirim pihak SB Store Purwodadi. Penerapan sistem dropshipping oleh SB Store mampu meningkatkan jumlah penjualan meskipun peningkatan penjualan tidak hanya dari penerapan sistem dropshipping, namun sejak penggunaan sistem ini, penjualan toko bertambah. Faktor pendukung: kemajuan teknologi yang sangat pesat, meningkatnya pengguna internet, modal yang dibutuhkan untuk berbisnis relatif kecil, transaksi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, serta bisnis yang fleksibel dan praktis, dan faktor penghambat: semakin banyaknya pebisnis online sehingga persaingan semakin ketat, mayoritas konsumen Indonesia memiliki pemikiran pelacur harga, dapat terjadi penipuan apabila tidak memilih supplier yang bertanggung jawab, dan adanya ketakutan dari konsumen untuk bertransaksi secara online karena tidak mengenal penjual. Pandangan Ekonomi Syariah terhadap implementasi jual beli dengan sistem dropshipping yang dilakukan pihak SB Store telah memenuhi syarat dan rukun dalam jual beli menurut Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHakim, ArifUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Sistem Dropshipping, Peningkatan Penjualan, Perspektif Ekonomi Syariah.
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:28
Last Modified: 26 Oct 2023 07:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11411

Actions (login required)

View Item View Item