Sistem Pengendalian Internal Dan Penyelesaian Kredit Bermasalah Dengan Pendekatan Kekeluargaan Pada BUMDes Mekar Mulya Desa Kertomulyo,Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati

Sulistiyowati, Sulistiyowati (2023) Sistem Pengendalian Internal Dan Penyelesaian Kredit Bermasalah Dengan Pendekatan Kekeluargaan Pada BUMDes Mekar Mulya Desa Kertomulyo,Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (797kB)
[img] Text
03. Daftar isi.pdf

Download (333kB)
[img] Text
04. Bab 1.pdf

Download (466kB)
[img] Text
05. Bab 2.pdf

Download (805kB)
[img] Text
06. Bab 3.pdf

Download (318kB)
[img] Text
07. Bab 4.pdf

Download (718kB)
[img] Text
08. Bab 5.pdf

Download (344kB)
[img] Text
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (401kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan kredit bermasalah yang terjadi pada unit simpan pinjam Badan Usaha Milik Desa Mekar Mulya yang disebabkan faktor internal dari pengurus BUMDes dan eksternal dari nasabah. Selain adanya kedua faktor tersebut,pemberian pinjaman pada BUMDes Mekar Mulya dilakukan tanpa jaminan dan denda akan tetapi menggunakan bunga sehingga hal ini dapat menyebabkan nasabah mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan sistem pengendalian internal di Badan Usaha Milik Desa Mekar Mulya Desa Kertomulyo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati (2) Efektifitas penerapan pendekatan kekeluargaan dalam menyelesaikan kredit bermasalah di Badan Usaha Milik Desa Mekar Mulya Desa Kertomulyo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Penelitian ini dilakukan di BUMDes Mekar Mulya Desa Kertomulyo, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh dari wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem pengendalian internal yang diterapkan oleh BUMDes Mekar Mulya sudah cukup efektif namun perlu beberapa evaluasi agar sistem pengendalian inetrnal dapat berjalan dengan efektif. Penyelesaian kredit bermasalah pada BUMDes Mekar Mulya dilakukan dengan melakukan penagihan, melaporkan kepada Pemerintah Desa Kertomulyo,menyelesaikan kredit bermasalah dengan pendekatan kekeluargaan dan memberikan sanksi administrasi.Pendekatan kekeluargaan yang diterapkan BUMDes Mekar Mulya hanya bisa mengatasi 50% masalah dari kredit macet seperti adanya penurunan jumlah nasabah kredit macet pada unit simpan pinjam baik UED-SP,UPPU maupun UPD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBaihaqi, JadzilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Internal, Pendekatan Kekeluargaan, Kredit Bermasalah, BUMDes
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:50
Last Modified: 26 Oct 2023 07:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11415

Actions (login required)

View Item View Item