Jannah, Mifthatul Rahmawaty (2023) Persepsi Siswa Kelas VIII Terhadap Pembelajaran IPS Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (139kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (217kB) |
Abstract
Pembelajaran merupakan inti dilaksanakanya kurikulum yang garis besarnya mencakup tiga fungsi manajerial, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Pembelajaran IPS dalam SMP dan khususnya di Kurikulum 2013 amatlah penting, karena dalam hal ini ada penguatan nilai dan juga karakter bangsa yang mana hal ini diterjemahkan dalam butir kurikulum yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui faktor apa saja yang membuat persepsi siswa kelas VIII MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah dalam Implementasi Pembelajaran IPS di Kurikulum 2013, (2) Untuk mengetahui apa saja hambatan dalam impelementasi pembelajaran IPS di MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah kelas VIII, (3) Untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa kelas VIII MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah dalam Implementasi Pembelajaran IPS di Kurikulum 2013 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian kepala madrasah, guru mata pelajaran IPS, dan siswa kelas VIII. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas VIII terhadap pembelajaran ips dalam implementasi kurikulum 2013 di MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah adalah sebagai berikut : (1) Terdapat dua faktor utama faktor persepsi siswa MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS.yaitu faktor internal yang bersumber dari pengajar, fasilitas dan sistem pembelajaran yang dilaksanakan, dan faktor eksternal yang berkaitan langsung dengan kehidupan sosial siswa. (2) Penghambat utama kurang maksimalnya pembelajaran IPS menggunakan kurikulum 2013 adalah fasilitas yang disediakan oleh pihak madrasah. Namun pihak pengelola madrasah telah berupaya meningkatkan kelemahan tersebut dengan terus mengevaluasinya. (3) Persepsi siswa terhadap kurikulum 2013 di pembelajaran IPS dianggap cukup menarik karena melibatkan partisipasi siswa. Sejauh ini siswa MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah memiliki minat yang cukup baik terhadap pembelajaran kurikulum 2013 khususnya kepada mata pelajaran IPS. Guru juga cukup baik dalam mempersiapkan dan menerangkan setiap materi didalam kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa, Pembelajaran IPS, Implementasi Kurikulum 2013 | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2023 02:18 | ||||||
Last Modified: | 02 Nov 2023 02:18 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11426 |
Actions (login required)
View Item |