Implementasi Layanan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perundungan Siswa Di SMP 3 Bae Kudus

Fitriani, Annisa Rizqi (2023) Implementasi Layanan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perundungan Siswa Di SMP 3 Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (999kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (534kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (623kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)

Abstract

Budaya perundungan masih terus terjadi di kalangan peserta didik. Perundungan dapat mengancam setiap pihak yang terlibat, baik anak-anak yang menjadi korban perundungan, anak-anak sebagai pelaku perundungan, anak-anak yang menyaksikan tindakan perundungan. Perundungan juga berpengaruh terhadap mental anak seperti depresi, kecemasan yang berlebihan, dan ketakutan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui Implementasi Layanan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perundungan Siswa Di SMP 3 Bae Kudus. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari Implementasi Layanan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perundungan Siswa Di SMP 3 Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara dengan subjek penelitian sebanyak 11 informan yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan, 2 guru bimbingan konseling, 5 siswa dan 2 wali murid. Adapun analisis data penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Analisis data dari penelitian ini adalah : (1) Implementasi Layanan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perundungan Siswa Di SMP 3 Bae Kudus melalui bimbingan Preventif dengan metode bimbingan kelompok dan melalui bimbingan Kuratif dengan metode bimbingan individu. (2) Faktor pendukung meliputi mengadakan kegiatan pengenalan, terdapat kontribusi guru lain. sedangkan faktor penghambatnya adalah fasilitas sarana dan prasarana yang kurang memadai, keterbatasan waktu, keteledoran siswa, dan candaan yang berlebihan serta latar belakang keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGhufron, M. NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru Bimbingan Konseling, Perundungan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:47
Last Modified: 02 Nov 2023 02:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11432

Actions (login required)

View Item View Item