Fitriani, Annisa Rizqi (2023) Implementasi Layanan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perundungan Siswa Di SMP 3 Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (999kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (192kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (226kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (493kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (534kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (288kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (623kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (217kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
Abstract
Budaya perundungan masih terus terjadi di kalangan peserta didik. Perundungan dapat mengancam setiap pihak yang terlibat, baik anak-anak yang menjadi korban perundungan, anak-anak sebagai pelaku perundungan, anak-anak yang menyaksikan tindakan perundungan. Perundungan juga berpengaruh terhadap mental anak seperti depresi, kecemasan yang berlebihan, dan ketakutan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui Implementasi Layanan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perundungan Siswa Di SMP 3 Bae Kudus. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari Implementasi Layanan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perundungan Siswa Di SMP 3 Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara dengan subjek penelitian sebanyak 11 informan yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan, 2 guru bimbingan konseling, 5 siswa dan 2 wali murid. Adapun analisis data penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Analisis data dari penelitian ini adalah : (1) Implementasi Layanan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perundungan Siswa Di SMP 3 Bae Kudus melalui bimbingan Preventif dengan metode bimbingan kelompok dan melalui bimbingan Kuratif dengan metode bimbingan individu. (2) Faktor pendukung meliputi mengadakan kegiatan pengenalan, terdapat kontribusi guru lain. sedangkan faktor penghambatnya adalah fasilitas sarana dan prasarana yang kurang memadai, keterbatasan waktu, keteledoran siswa, dan candaan yang berlebihan serta latar belakang keluarga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru Bimbingan Konseling, Perundungan | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2023 02:47 | ||||||
Last Modified: | 02 Nov 2023 02:47 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11432 |
Actions (login required)
View Item |