Penerapan Qur’anic Theraphy dalam Membantu Penyembuhan Orang dengan Gangguan Jiwa (Studi Kasus Yayasan Jalma Sehat Bulung Kulon Jekulo Kudus)

Amriya, Alina Yassir (2023) Penerapan Qur’anic Theraphy dalam Membantu Penyembuhan Orang dengan Gangguan Jiwa (Studi Kasus Yayasan Jalma Sehat Bulung Kulon Jekulo Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (583kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (359kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (898kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (235kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1.) Untuk mengetahui pengalaman penggunaan Qur'anic Therapy sebagai syfa (penyembuh) dalam membantu penyembuhan orang dengan gangguan jiwa di Yayasan Jalma Sehat Jekulo Kudus. 2.) Untuk mengetahui makna yang diperoleh dari penggunaan Qur’anic Therapy sebagai syfa (penyembuh) dalam membantu penyembuhan orang dengan gangguan jiwa. 3.) Untuk mengetahui pengalaman yang diperoleh dari hasil penerapan metode terapi Al-Qur’an 4.) Untuk mengetahui makna yang di dapatkan dari hasil penerapan terapi Al-Qur’an. 5.) Untuk mengetahui pengalaman yang di peroleh dari faktor pendukung dan penghambat kegiatan penerapan terapi Al-Qur’an 6.) Untuk mengetahui makna yang di dapatkan mengenai faktor pendukung dan penghambat penerapan terapi Al-Qur’an dalam membantu penyembuhan orang dengan gangguan jiwa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, jenis kategori studi kasus. Teknik dari pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan purposive sampling dengan menggunakan desain studi kasus tunggal (single case design). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Yayasan, Pembimbing Rohani, Perawat ODGJ, dan salah satu pasien ODGJ yang sembuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara mendalam pada informan. Pengujian keabsahan data menggunakan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan member check. Pada tahap analisis penelitian menggunakan tahap pertama describing experience (menggambarkan pengalaman), tahap kedua, describing meaning (gambaran makna) dan tahap ketiga Focus of the analysis (fokus pada analisis). Hasil penelitian menjelaskan bahwa : 1.) Pengalaman mengenai penerapan Qur'anic Therapy memberikan dampak positif. 2.) Pengalaman dari hasil penggunaan terapi Al-Qur’an pasien merasakan perubahan dalam diri mereka seperti peningkatan kualitas tidur, penurunan gejala-gejala gangguan jiwa yang mereka alami sebelumnya, serta meningkatkan kualitas hubungan sosial dengan orang lain; 3) Pengalaman mengenai faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat penerapan terapi Al-Qur’an bagi pasien ODGJ salah satunya yaitu dukungan dari keluarga sebagai faktor pendukung. Makna yang dapat diambil mengenai penerapan Qur’anic Therapy dalam membantu penyembuhan Orang dengan Gangguan Jiwa meliputi : 1.) Makna dari penerapan terapi Al-Qur’an membuahkan hasil yang bagus. 2.) Makna dari hasil penerapan terapi Al-Qur’an pasien dengan gangguan jiwa mampu menemukan ketenangan batin, memperkuat ikatan spiritual dengan Tuhan. 3.) Makna dari faktor pendukung dan penghambat penerapan terapi Al-Qur’an dapat meningkatkan efektivitas terapi Al-Qur'an dalam membantu penyembuhan pasien dengan gangguan jiwa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSaliyo, SaliyoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Qur’anic Therapy, Orang dengan Gangguan Jiwa
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:57
Last Modified: 02 Nov 2023 02:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11434

Actions (login required)

View Item View Item