Implementasi Metode Asertif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Ma Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus

Alfiah, Nur Sari (2023) Implementasi Metode Asertif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Ma Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (643kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (277kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (790kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

Penelitian mengenai Implementasi metode asertif dalam meningkatkan kemampuan berpikir ini berangkat dari permasalahan pada remaja yang masih tidka mempunyai kepercayaan diri untuk tampil, menyampaikan pendapat dengan kalimat yang baik, tegas, namun tidak mendiskriminasi. Penelitian ini memakai jenis penelitian lapangan (filed research) dengan pendekatan kualitatif, dimana proses menjadi hal yang paling ditekankan dalam pendekatan ini sehingga peneliti dan sumber data harus berinteraksi secara intensif yang bermaksud untuk menghimpun data dengan memakai teknik wawancara, observasi secara mendalam dan juga dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran metode asertif dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus, yang didalam pelaksanaannya berpedoman pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), 2) untuk mengetahui pelaksanaan metode asertif dalam meningkatkan kemampuan berpikir pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus, yang dalam pelaksanaannya dilaksanakan dengan aktivitas diskusi bermaksud untuk melatih ketegasan peserta didik dalam menyampaikan pendapat, bisa memberikan kritik ataupun saran dengan bahasa yang sopan. Yang membedakan dengan metode lainya ialah adanya stimulus yang diberikan sebelum pembelajaran berwujud pelatihan asertivitas berupa lembar “jendela johari” sebagai sarana untuk mempersiapkan peserta didik agar fokus mengikuti pembelajaran 3) untuk mengetahui evaluasi metode asertif dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. Dari hasil penelitian yang dijalankan oleh peneliti, penerapan metode asertif diperoleh rata-rata (mean) sebelum penerapan metode asertif ialah 80,62. Dan hasil rata-rata (mean) sesudah penerapan metode asertif ialah 82,27. Sedangkan pada penilaian afektif dan psikomotorik diperoleh rata-rata hasil 76 dengan hasil 17 anak memiliki sikap asertif ‘sangat baik’, 16 anak memiliki sikap asertif ‘baik’ dan 7 anak memiliki sikap asertif ‘cukup baik’. Dari skor nilai itu bisa ditarik suatu simpulan bahwa implementasi metode asertif memberikan hasil yang signifikan terhadap kenaikan kemampuan berpikir peserta didik sehingga bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dan juga berdampak pada kepercayaan diri peserta didik untuk mewujudkan dirinya pada kualitas hidup yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorQadam, Izah UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Asertif, Kemampuan Berpikir, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Nov 2023 01:05
Last Modified: 03 Nov 2023 01:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11441

Actions (login required)

View Item View Item