Habibullah, Moh. Adib (2023) Impelementasi Kurikulum Terpadu Berbasis Pesantren dan Nasional dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Islam dan Karakter Religius Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Pati. Masters thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (755kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (376kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (642kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (662kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (500kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (756kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (476kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa (1) Implementasi kurikulum terpadu berbasis pesantren dan nasional dalam mengembangkan nilai-nilai agama Islam dan karakter religius pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Pati. (2) Hasil implementasi kurikulum terpadu berbasis pesantren dan nasional dalam mengembangkan nilai-nilai agama Islam dan karakter religius pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru PAI dan peserta didik. Sedangkan yang menjadi obyek penelitiannya adalah kurikulum terpadu berbasis pesantren dan nasional di MTs Negeri 1 Pati. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) implementasi kurikulum terpadu berbasis pesantren dan nasional dalam mengembangkan nilai-nilai agama Islam dan karakter religius pada mata pelajaran PAI dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Proses perencanaan dilakukan dengan perencanaan kurikulum. Kurikulum yang dipakai adalah model perencanaan rasional deduktif atau rasional Tyler. Saat ini Mts Negeri 1 Pati merancang kurikulum program Tahfidz Al-Qur’an, kajian kitab Salaf, dan riset yang diharapkan dapat memajukan madrasah dari segi prestasi dan output lulusan yang berakhlak mulia sesuai dengan ajaran Islam. Kemudian untuk pelaksanaannya kurikulum terpadu berbasis pesantren dan nasional di MTs N 1 Pati sudah terencana dengan baik mulai dari kegiatan di dalam kelas dan di luar kelas seperti kegiatan rohani sebelum pembelajaran dimulai, pembelajaran di kelas dan ekstrakurikuler. Sedangkan untuk evaluasinya, MTs Negeri 1 Pati melakukan evaluasi secara menyeluruh dengan mengadakan evaluasi secara internal yaitu evaluasi program, evaluasi sistem pengajaran dan evaluasi hasil belajar. (2) hasil implementasi kurikulum terpadu berbasis pesantren dan nasional dalam mengembangkan nilai-nilai agama Islam dan karakter religius pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Pati yaitu unggul dalam kompetensi bidang keagamaan. Selama ini untuk kompetensi keagamaan di MTs N 1 Pati terbilang unggul, hal ini dibuktikan dengan nilai raport mata pelajaran PAI dan lulusan MTs N 1 Pati yang disegani masyarakat akan karakter religiusnya. Selain itu, hasil implementasi kurikulum terpadu berbasis pesantren dan nasional dalam mengembangkan nilai-nilai agama Islam yang ke dua yaitu menjadi peneliti di bidang ilmu agama Islam dengan menerapkan budaya riset di madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum terpadu, Pesantren, Nasional, Nilai-Nilai Agama Islam, Karakter Religius, Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 03 Nov 2023 02:30 | |||||||||
Last Modified: | 03 Nov 2023 02:30 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11445 |
Actions (login required)
View Item |