Afif, Toriq (2023) Manajamen Pembelajaran PAI Pada Santri Autis di Pondok Pesantren Roudlotun Nasyi’in Ash-Shiddiqiyyah Dadapan Sedan Rembang. Masters thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (793kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (481kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (660kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (527kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (774kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (473kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (413kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini, yaitu 1) untuk menemukan dan mendeskripsikan secara mendalam tahapan manajemen pembelajaran PAI pada santri autis di pondok pesantren Roudlotun Nasyi’in Ash-Shiddiqiyyah Dadapan Sedan Rembang; 2) untuk menemukan dan mendeskripsikan secara mendalam keberhasilan manajemen pembelajaran PAI pada santri autis di pondok pesantren Roudlotun Nasyi’in Ash-Shiddiqiyyah Dadapan Sedan Rembang; 3) untuk menemukan dan mendeskripsikan secara mendalam faktor yang mempengaruhi manajemen pembelajaran PAI pada santri autis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan model studi kasus. Penggalian data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi, dan pengkajian dokumen. Subjek pada penelitian ini, yaitu pengasuh pondok pesantren, pengasuh pondok pesantren, wali santri dan santri di pondok pesantren Roudlotun Nasyi’in Ash-Shiddiqiyyah Dadapan Sedan Rembang. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) tahapan manajemen pembelajaran PAI pada santri autis di pondok pesantren Roudlotun Nasyi’in Ash-Shiddiqiyyah Dadapan Sedan Rembang yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan atau evaluasi. 2) manajemen pembelajaran PAI pada santri autis di pondok pesantren Roudlotun Nasyi’in Ash-Shiddiqiyyah Dadapan Sedan Rembang sudah berhasil, hal ini bisa dibuktikan dengan adanya banyak perubahan santri autis sebelum dan sesudah dibimbing di pondok pesantren ini. 3) faktor internal yang mempengaruhi manajemen pembelajaran PAI pada santri autis di pondok pesantren Roudlotun Nasyi’in Ash-Shiddiqiyyah Dadapan Sedan Rembang yaitu adanya perencanaan yang baik, dukungan dari elemen masyarakat, minat dan semangat santri dalam mengikuti pembelajaran, motivasi belajar, tingkat intelegensi dan tingkat konsentrasi santri autis dalam proses pembelajaran. Adapun eksternalnya yaitu perencanaan pembelajaran, lingkungan masyarakat, komunikasi antara pendidik dan santri autis media pembelajaran atau sarana dan prasarana dan kompetensi pendidik atau ustadz dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pembelajaran PAI, Santri Autis | |||||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 06 Nov 2023 04:08 | |||||||||
Last Modified: | 06 Nov 2023 04:09 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11470 |
Actions (login required)
View Item |