Manajamen Pembelajaran PAI Pada Santri Autis di Pondok Pesantren Roudlotun Nasyi’in Ash-Shiddiqiyyah Dadapan Sedan Rembang

Afif, Toriq (2023) Manajamen Pembelajaran PAI Pada Santri Autis di Pondok Pesantren Roudlotun Nasyi’in Ash-Shiddiqiyyah Dadapan Sedan Rembang. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (793kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (481kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (660kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (527kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (774kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (473kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini, yaitu 1) untuk menemukan dan mendeskripsikan secara mendalam tahapan manajemen pembelajaran PAI pada santri autis di pondok pesantren Roudlotun Nasyi’in Ash-Shiddiqiyyah Dadapan Sedan Rembang; 2) untuk menemukan dan mendeskripsikan secara mendalam keberhasilan manajemen pembelajaran PAI pada santri autis di pondok pesantren Roudlotun Nasyi’in Ash-Shiddiqiyyah Dadapan Sedan Rembang; 3) untuk menemukan dan mendeskripsikan secara mendalam faktor yang mempengaruhi manajemen pembelajaran PAI pada santri autis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan model studi kasus. Penggalian data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi, dan pengkajian dokumen. Subjek pada penelitian ini, yaitu pengasuh pondok pesantren, pengasuh pondok pesantren, wali santri dan santri di pondok pesantren Roudlotun Nasyi’in Ash-Shiddiqiyyah Dadapan Sedan Rembang. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) tahapan manajemen pembelajaran PAI pada santri autis di pondok pesantren Roudlotun Nasyi’in Ash-Shiddiqiyyah Dadapan Sedan Rembang yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan atau evaluasi. 2) manajemen pembelajaran PAI pada santri autis di pondok pesantren Roudlotun Nasyi’in Ash-Shiddiqiyyah Dadapan Sedan Rembang sudah berhasil, hal ini bisa dibuktikan dengan adanya banyak perubahan santri autis sebelum dan sesudah dibimbing di pondok pesantren ini. 3) faktor internal yang mempengaruhi manajemen pembelajaran PAI pada santri autis di pondok pesantren Roudlotun Nasyi’in Ash-Shiddiqiyyah Dadapan Sedan Rembang yaitu adanya perencanaan yang baik, dukungan dari elemen masyarakat, minat dan semangat santri dalam mengikuti pembelajaran, motivasi belajar, tingkat intelegensi dan tingkat konsentrasi santri autis dalam proses pembelajaran. Adapun eksternalnya yaitu perencanaan pembelajaran, lingkungan masyarakat, komunikasi antara pendidik dan santri autis media pembelajaran atau sarana dan prasarana dan kompetensi pendidik atau ustadz dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembelajaran PAI, Santri Autis
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Nov 2023 04:08
Last Modified: 06 Nov 2023 04:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11470

Actions (login required)

View Item View Item