Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di MTs Asy’ariyyah Tajungsari Tlogowungu Pati

Shofiatunniqmah, Shofiatunniqmah (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di MTs Asy’ariyyah Tajungsari Tlogowungu Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (446kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (359kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (655kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (860kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (653kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (377kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (659kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kenakalan yang dilakukan siswa MTs Asy’ariyyah, faktor apa saja yang membuat siswa melakukan kenakalan, dan implementasi pendidikan karakter dalam menanggulangi kenakalan siswa melalui pendidikan karakter disiplin dan religius. Fokus penelitian ini pada bentuk kenakalan siswa dan penerapan pendidikan karakter disiplin dan religius. Penerapan dua karakter ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa akan pentingya nilai kedisiplinan dan keagamaan, sehingga kenakalan siswa berkurang serta patuh tata tertib sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan penelitian kualitatif. Pengambilan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini ada 9 (empat) yaitu, Kepala Sekolah MTs Asy’ariyyah, Waka kesiswaan putra, Waka Kesiswaan putri, tiga siswa putri dan tiga siswa putra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, bentuk kenakalan siswa di sekolah terbagi tiga jenis yakni kenakalan siswa ringan, kenakalan siswa sedang, dan kenakalan siswa berat. Jenis kenakalan ini memiliki pokok pelanggaran yang terdapat dalam sistem skor pelanggaran tata tertib yang dibuat sekolah. Kedua, faktor yang menyebabkan kenakalan siswa ada tiga yaitu faktor dari dalam diri anak sendiri, faktor keluarga, dan faktor lingkungan sekolah. Faktor ini didapat dari laporan setiap ada kasus kenakalan yang dilakukan siswa kemudian diadakannya rapat mingguan bertujuan untuk eveluasi hasil laporan kenakalan siswa. Ketiga, implementasi pendidikan karakter dalam menanggulangi kenakalan melalui dua pendidikan karakter yaitu karakter disiplin dan karakter religius. Penerapan karakter disiplin di sekolah ini melalui sistem yang di buat sekolah yaitu sistem skor pelanggaran tata tertib. Penerapan karakter religius sekolah menerapkan kegiatan keagamaan untuk siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatmawati, NoorUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kenakalan siswa, Pendidikan karakter, Karakter disiplin, Karakter religius
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Nov 2023 09:09
Last Modified: 06 Nov 2023 09:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11476

Actions (login required)

View Item View Item