PENGGUNAAN BUKU AJAR ANAK ISLAM SUKA MEMBACA (AISM) DALAM MENINGKATKAN KEGEMARAN MEMBACA SISWA DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (KELOMPOK BERMAIN) DARUL FURQON JEKULO KUDUS

Hidayah, Noor (2015) PENGGUNAAN BUKU AJAR ANAK ISLAM SUKA MEMBACA (AISM) DALAM MENINGKATKAN KEGEMARAN MEMBACA SISWA DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (KELOMPOK BERMAIN) DARUL FURQON JEKULO KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (802kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (296kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (371kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (308kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (425kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (275kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)

Abstract

Penggunakan buku ajar terlebih untuk anak usia dini, pendidik diharapkan mampu mengajar secara menyenangkan kepada peserta diik dengan tetap menstimulasi potensi yang ada pada anak usia dini. Buku ajar yang diterapkan adalah Anak Islam suka Membaca. Buku ajar Anak Islam Suka Membaca adalah suatu media pembelajaran dengan bermain untuk menstimulasi otak agar berkembang lebih baik dengan menggunakan metode berupa salah satunya yaitu metode Glenn Doman (membaca dengan gambar) dan metode suku kata. Pada metode ini peserta didik tidak dituntut membaca dengan mengeja, tetapi langsung diajarkan kata perkata yang suda dilengkapi dengan gambar. Sehingga peserta didik mudah dan senang dalam mengenal suku kata dan membaca.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan dilapangan yang bersifat verbal, dan tidak berupa angka-angka dengan subjek penelitian meliputu guru kelas, peserta didik, dan Kepala Sekolah PAUD Darul Furqon Jekulo Kudus. pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penggunaan buku ajar anak Islam Suka Membaca dalam meningkatkan kegemaran, menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat mendorong dan menghambat penggunaan buku ajar anak Islam Suka Membaca, serta tentang hasil penggunaan buku ajar Anak Islam SukaMembaca di PAUD Darul Furqon Jekulo Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan buku ajar Anak Islam Suka Membaca dalam meningkatkan kegemaran membaca di PAUD Darul furqon menggunakan metode Gleen Doman dan suku kata. Selain anak bisa membaca anak juga gemar akan membaca. 2) seperti halnya dalam melakukan suatu proses kegiatan, penggunaan buku Ajar Anak Islam suka membaca juga tidak luput dari adanya faktor-faktor pendorong dan penghambat yang dirasakan, tetapi pendidik selalu berusaha untuk meminimaslisir hambatan tersebut menjadi suatu dukungan untuk menciptakan metode yang kreatif dan tepat. 3) Dalam penggunaan buku ajar Anak Islam Suka Membaca dalam meningkatkan kegemaran membaca siswa, tidak akan puas kalau tidak melihat hasilnya. Karena keberhasilan merupakan hasil titik dari suatu kegiatan. Dan hasilnya adalah siswa mampu membaca denagn lancar dan gemar dalam membaca tanpa adanya penekanan dari pihak manapun. Kata Kunci: Buku AISM, gemar baca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jun 2017 04:41
Last Modified: 04 Jun 2017 04:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1148

Actions (login required)

View Item View Item