Pengaruh Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Teams Game Tournament Berbantuan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa Pada Materi Sistem Koordinasi

Fitriani, Anissa Ika (2023) Pengaruh Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Teams Game Tournament Berbantuan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa Pada Materi Sistem Koordinasi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (846kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)

Abstract

Teams Game Tournament merupakan model pembelajaran yang menyenangkan dan mudah diterapkan dengan melibatkan siswa dalam kegiatan belajar. Pembelajaran model kooperatif tipe Teams Game Tournament berbantuan ular tangga dapat digunakan sebagai alternatif untuk mendorong partisipasi aktif siswa dan meningkatkan kemampuan penalaran siswa dalam memahami konsep dasar materi biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model kooperatif tipe Teams Game Tournament berbantuan ular tangga pada materi sistem koordinasi di MA Mu’allimat NU Kudus. 2) Pengaruh model kooperatif tipe Teams Game Tournament berbantuan ular tangga terhadap kemampuan penalaran siswa pada materi sistem koordinasi di MA Mu’allimat NU Kudus. Jenis penelitian quasi experimental design dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian siswa kelas XI MIPA MA Mu’allimat NU Kudus. Sampel penelitian siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan jenis tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan model kooperatif tipe Teams Game Tournament berbantuan ular tangga pada materi sistem koordinasi di MA Mu’allimat NU Kudus melalui proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan didukung hasil wawancara dengan guru biologi dan siswa menunjukkan langkah-langkah model pembelajaran berjalan secara sistematis, serta suasana belajar mengarah pada penerapan pembelajaran model kooperatif tipe Teams Game Tournament berbantuan ular tangga pada materi sistem koordinasi di MA Mu’allimat NU Kudus. Kedua, hasil uji hipotesis menggunakan uji non parametrik Mann-Whitney mendapatkan nilai Sig. 0,000. Hal ini menunjukkan hasil nilai assym Sig (2tailed) < 0,05 berkesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut, terdapat pengaruh signifikan pembelajaran model kooperatif tipe Teams Game Tournament berbantuan ular tangga terhadap kemampuan penalaran siswa pada materi sistem koordinasi di MA Mu'allimat NU Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaludin, Didi NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teams Game Tournament, Ular Tangga, Kemampuan Penalaran
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:13
Last Modified: 07 Nov 2023 01:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11483

Actions (login required)

View Item View Item