Analisis Penerapan Ta’zir Murojaah 1 Juz Terhadap Peningkatan Kedisiplinan dan Daya Ingat Hafalan Qur’an Santri Adz-Dzikro Desa Ngepungrojo Pati

Sairoh, Mardliyatus (2023) Analisis Penerapan Ta’zir Murojaah 1 Juz Terhadap Peningkatan Kedisiplinan dan Daya Ingat Hafalan Qur’an Santri Adz-Dzikro Desa Ngepungrojo Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (596kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (465kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (713kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (693kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (806kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (527kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (544kB)

Abstract

Dunia pendidikan menjelaskan bahwa kedisiplinan dikenal sebagai sarana menjaga keberlangsungan dalam kegiatan pendidikan. Cara ini identik dengan hukuman dan dalam bahasa pesantren disebut ta’zir. Ta'zir dimaknai sebagai pencegahan dan penyangkalan karena dapat mencegah pelaku pelanggaran mengulangi perbuatannya. Dalam dunia pendidikan di pondok tahfidz tugas santri adalah menghafal Al-Qur’an, dan tantangan yang dihadapi santri ini salah satunya adalah upaya menjaga daya ingat hafalan Qur’annya juga mempertahankan kedisiplinan dalam setiap kegiatan yang ada di pondok. Untuk mengatasi tantangan ini, berbagai metode dan strategi pengajaran telah diterapkan oleh pihak pondok pesantren dengan memperhatikan karakter dan latar belakang dari masing-masing santrinya. Salah satu program yang telah diadopsi adalah penerapan takzir murojaah 1 juz. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) kondisi kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Adz-Dzikro Desa Ngepungrojo Pati, 2) bentuk dan penerapan ta’zir murojaah 1 juz terhadap peningkatan kedisiplinan dan daya ingat hafalan qur’an santri Adz-Dzikro Desa Ngepungrojo Pati Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan pengasuh pondok, pengurus, dan santri, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, kondisi kedisiplinan santri PP. Adz-Dzikro secara umum dikatakan cukup baik dikarenakan para santri telah menaati peraturan yang telah ditetapkan. Hal ini bisa dilihat dari perilakua santri, seperti mengikuti kegiatan rutin pesantren, melaksanakan kegiatan murojaah, menjalankan kewajiban ibadah, dan mengikuti kegiatan lain di lingkungan Pondok Pesantren Adz-Dzikro. Kedua, bentuk penerapan ta’zir yang terdapat di Pondok Pesantren AdzDzikro ini disesuaikan dengan beberapa hal yang berhubungan dengan pendidikan dan karakter anak, dan disesuaikan dengan materi ajar Pesantren yakni berupa pengajaran Al-Qur’an. Penerapan ta’zir murojaah 1 juz di PP. Adz-Dzikro ini melalui tiga tahapan, yakni pemanggilan, persidangan dan penetapan hukuman ta’zir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBahtiar, EdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ta’zir Murojaah 1 Juz, Kedisiplinan, Daya Ingat Hafalan
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:18
Last Modified: 07 Nov 2023 01:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11484

Actions (login required)

View Item View Item