Salamah, Rofi’ah Nurul (2023) Pengaruh Penerapan Metode Resitasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (321kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (236kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (437kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (478kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (530kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (741kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (336kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (368kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran matematika, masih banyak guru yang mengajar menggunakan metode ceramah sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Rendahnya hasil belajar siswa ini disebabkan karena mereka kurang memahami konsep-konsep dalam matematika. Salah satu metode pembalajaran yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa yaitu dengan metode resitasi. Metode resitasi merupakan metode yang digunakan guru dengan cara memberikan tugas-tugas kepada siswa yang kemudian harus dipertanggungjawabkan hasilnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan metode resitasi terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ekperimen dengan desain true experimental design bentuk pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 122 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, dimana sampel dipilih secara acak dari kelompok-kelompok dalam populasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain teknik tes dan observasi. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan yaitu uji-t (uji beda rata-rata). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu 87,583 > 76,25 dan thitung > ttabel yaitu 4,023 > 2,002, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, penerapan metode resitasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep matematisn siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika, Metode Resitasi, Pemahaman Konsep Matematis | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2023 01:22 | ||||||
Last Modified: | 09 Nov 2023 01:22 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11499 |
Actions (login required)
View Item |