Triana, Bella Maya (2023) Pengembangan Biomagz Berbasis Integrasi Islam dan Sains Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI MA/SMA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (452kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (458kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (513kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (439kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (585kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Biomagz berbasis integrasi islam dan sains sebagai bahan ajar pada materi sistem pernapasan kelas XI MIPA MA/SMA. Penelitian terdiri dari: 1) Bagaimana pengembangan Biomagz berbasis integrasi islam dan sains sebagai bahan ajar pada materi sistem pernapasan kelas XI MA/SMA. 2) Bagaimana kelayakan Biomagz berbasis integrasi islam dan sains sebagai bahan ajar pada materi sistem pernapasan kelas XI MA/SMA. 3) Bagaimana respon terhadap Biomagz berbasis integrasi islam dan sains sebagai bahan ajar pada materi sistem pernapasan kelas XI MA/SMA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi tahapan 3D diantaranya yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Penelitian ini diuji cobakan di salah satu Sekolah menengah Atas di Kabupaten Kudus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Biologi dan 27 siswa kelas XI MIPA 1. Data penelitian terdiri dari pengembangan, kelayakan, dan respon. Data proses pengembangan diambil dengan melakukan wawancara terhadap responden kemudian diidentfikasi. Sedangkan, kelayakan dan respon diambil dengan angket. Teknik analisis data secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Biomagz berbasis integrasi islam dan sains yang dikembangkan berbantuan aplikasi Canva. Biomagz didalamnya memuat materi, gambar, evaluasi, dan informasi terkini dan menarik yang mampu mendorong siswa untuk meningkatkan minat belajar dan memahami materi pelajaran. Hasil penilaian dari validator ahli materi sebesar 97,33% dan termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Sedangkan, hasil persentase dari ahli media sebesar 88,67% dan termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Biomagz diuji cobakan kepada guru mata pelajaran Biologi dan siswa kelas XI MIPA. Hasil respon guru menunjukkan bahwa persentase skor sebesar 92,70% dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan hasil penilaian respon siswa sebesar 92,76% termasuk ke dalam kategori “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa Biomagz berbasis integrasi islam dan sains sebagai bahan ajar pada materi sistem pernapasan kelas XI MIPA SMA/MA layak digunakan untuk proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Biomagz, Integrasi Islam dan Sains, Bahan Ajar, Sistem Pernapasan | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2023 01:56 | ||||||
Last Modified: | 09 Nov 2023 01:56 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11503 |
Actions (login required)
View Item |