Strategi Pembelajaran Blended learning dalam Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Agama Islam (PAI) pada masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid) 19 di SMP N 1 Cluwak Pati Tahun Pelajaran 2021/2022

Ulya, Niswah Nihayatul (2023) Strategi Pembelajaran Blended learning dalam Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Agama Islam (PAI) pada masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid) 19 di SMP N 1 Cluwak Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (514kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (501kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (582kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (445kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stratrgi pembelajaran PAI yang digunakan saat pandemi Covid-19 dan efektivitas penerapan strategi pembelajaran di SMP N 1 Cluwak Pati yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini. Selain itu juga faktor pendukung dan penghambat yang melatarbelakangi strategi pembelajaran yang diterapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pembelajaran PAI yang digunakan pada masa pandemi covid-19 di SMP N 1 Cluwak Pati adalah strategi pembelajaran blended learning bisa diterjemahkan pula dengan campuran model pendidikan online serta luring antara pendidik serta muridnya pada pelajaran pembelajaran agama Islam di SMP N 1 Cluwak Pati. (2) Strategi pembelajaran blended learning berjalan kurang efektif dikarenakan ada beberapa kendala yakni signal dan sarana prasarana yang kurang mendukung. (3) Faktor pendukungnya adalah: Percaya kepada diri sendiri, disiplin, inisiatif, tanggung jawab. Faktor penghambat Hambatan yang dirasakan banyak pada siswanya. Misalnya semacam jaringan yang tidak normal serta sulit, hp siswa yang rusan serta sebagainya. Tidak hanya itu, pengawasan serta tutorial yang dicoba guru dalam pendidikan blended learning sangat terbatas sehingga susah buat membuat siswa aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorMas'udi, Mas'udiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Blended Learning, Efektifitas
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:16
Last Modified: 09 Nov 2023 02:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11507

Actions (login required)

View Item View Item