Pengembangan Ensiklopedia Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Sebagai Bahan Ajar IPA SMP/MTs Pada Materi

Masru’roh, Zety Tuhfatul (2023) Pengembangan Ensiklopedia Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Sebagai Bahan Ajar IPA SMP/MTs Pada Materi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Keterampilan peserta didik di Indonesia memasuki kategori rendah dalam memahami suatu bacaan. Salah satu permasalahan yang ada adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif dan bervariasi. Bahan ajar pegangan yang digunakan pendidik minim dengan gambar, lebih menyajikan teks dibandingkan gambar, dan kurang menarik (berwarna). Sehingga dalam proses pembelajaran, materi yang disampaikan oleh pendidik kurang dimengerti oleh peserta didik dan cenderung mengalami kejenuhan (bosan). Dalam hal ini, bahan ajar ensiklopedia dapat membantu peserta didik mengabstraksi materi struktur dan dan fungsi tumbuhan melalui gambar dan dikaitkan dengan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengembangan ensiklopedia struktur dan fungsi tumbuhan sebagai bahan ajar IPA SMP/MTs, (2) kepraktisan ensiklopedia struktur dan fungsi tumbuhan sebagai bahan ajar IPA SMP/MTs dan (3) respon peserta didik terhadap pengembangan ensiklopedia struktur dan fungsi tumbuhan sebagai bahan ajar IPA SMP/MTs. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) mengikuti model pengembangan 4D Thiagarajan yang telah dimodifikasi menjadi 3 tahap yaitu tahap Pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket kelayakan ahli, angket praktisi dan angket respon peserta didik. Subjek penelitian ini adalah 31 peserta didik kelas VIII H. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkann hasil penelitian yaitu: 1) Bahan ajar berbasis ensiklopedia ini sangat layak digunakan dengan hasil presentase dari ahli media sebesar 91% dan ahli materi sebesar 83%. 2) Hasil respon peserta didik terhadap pengembangan bahan ajar ensiklopedia memperoleh presentase sebesar 93% dengan kategori “Sangat Baik”. 3) Hasil Kepraktisan diperoleh dari angket praktisi pendidik yang memperoleh presentase sebesar 91% dengan kategori “Sangat Praktis” dan dilihat dari respon peserta didik yang menunjukkan respon positif terhadap bahan ajar ensiklopedia. Dengan demikian bahan ajar ensiklopedia sebagai media pembelajaran pada materi struktur dan fungsi tumbuhan jenjang SMP/MTs sangat praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFawaida, UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Ensiklopedia, IPA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:55
Last Modified: 09 Nov 2023 02:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11510

Actions (login required)

View Item View Item