Implementasi Bimbingan Karier dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kematangan Karier Siswa Kelas XII SMK Raden Umar Said Kudus

Umam, M. Choirul (2023) Implementasi Bimbingan Karier dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kematangan Karier Siswa Kelas XII SMK Raden Umar Said Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (488kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (450kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (812kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (999kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (485kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (500kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan 1) Untuk mengetahui implementasi bimbingan karier teknik modeling untuk meningkatkan kematangan karier siswa kelas XII SMK Raden Umar Said Kudus. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Implementasi bimbingan karier teknik modeling untuk meningkatkan kematangan karier siswa kelas XII SMK Raden Umar Said Kudus. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian populasi dengan subyek seluruh siswa kelas XII SMK Raden Umar Said Kudus. Selanjutnya uji keabsahan data dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi dan mengadakan member check. Sedangkan untuk Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan guru bimbingan dan konseling (BK). Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Bimbingan Karier Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kematangan Karier Siswa Kelas XII SMK Raden Umar Said Kudus melalui beberapa tahapan penting. Pertama, tahap atensi, dalam tahap ini guru BK menyusun materi, menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Kedua, tahap retensi, guru BK fokus kepada eksekusi rencana pembelajaran yang memberikan pembimbingan dan pengarahan kepada siswa sesuai kebutuhan karier mereka. Ketiga, tahap tahap reproduksi motorik, guru BK melakukan evaluasi dan introspeksi diri untuk memastikan keberhasilan proses pembelajaran. Keempat, tahap penguatan dan motivasi, guru BK mengambil tindakan lebih lanjut berdasarkan evaluasi yang dilakukan, meliputi penyesuaian metode pengajaran atau memberikan bimbingan tambahan kepada siswa yang memerlukan. 2) Faktor Pendukung Implementasi Bimbingan Karier Teknik Modeling Siswa Kelas XII SMK Raden Umar Said Kudus yaitu pertama, tersedianya sarana dan prasarana sekolah yang mendukung. Kedua, kerja sama antara SMK Raden Umar Said Kudus dengan pihak luar seperti perguruan tinggi dan dunia usaha. Ketiga, Ketiga, menampilkan tokoh-tokoh yang menjadi motivasi siswa. Keempat, Suasana belajar yang kondusif membantu bimbingan lebih efektif dan efisien. Adapun faktor penghambat yang menjadi kendala implementasi bimbingan karier teknik modeling di SMK Raden Umar Said Kudus yaitu pertama, tidak mendapatkan dukungan dari orang tua. Kedua, kurangnya keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki siswa. Ketiga, terbatasnya waktu .

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorFuqohak, ZuhurulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karier, Teknik Modeling, Kematangan Karier
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Nov 2023 08:42
Last Modified: 10 Nov 2023 08:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11520

Actions (login required)

View Item View Item