Implementasi Metode Snowball Throwing untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara peserta didik pada Mata Pelajaran IPS Di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus.

Setianingsih, Afita (2023) Implementasi Metode Snowball Throwing untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara peserta didik pada Mata Pelajaran IPS Di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (367kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (509kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang menunjukan bahwa rendahnya keterampilan berbicara peserta didik ketika proses pembelajaran berlangsung ketidaksesuaian metode pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga dalam proses belajar di kelas peserta didik cenderung kurang aktif dalam bertanya atau untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasannya mengenai materi yang sudah dijelaskan. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan penerapan metode Snowball Throwing untuk mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik pada mata pelajaran IPS Di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus, 2) mengidentifikasi faktor pendudukng dan faktor penghambat dalam penerapan metode Snowball Throwing untuk mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik pada mata pelajaran IPS Di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus dan, 3) mengetahui keberhasilan dari penerapan metode Snowball Throwing dalam mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik pada mata pelajaran IPS Di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, yaitu peneliti datang langsung ke lokasi penelitian yakni di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu Kepala sekolah, Waka Kurikulum, Guru IPS, Peserta didik kelas VII-H MTs NU Ibtidaul Falah. Dari informan yang terkait dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, terdapat 7 langkah-langkah pelaksanaan yakni guru menyampaikan materinya, guru membentuk ketua kelompok, guru meminta masing-masing peserta didik untuk membuat pertanyaan, kemudian peserta didik mengumpulkan lembar pertanyaan kepada guru, kemudian salah satu dari peserta didik mengawali untuk melempar bola, kemudian peserta didik yang mendapatkan bola harus menjawab pertanyaan yang didapat, guru mengevaluasi. Kedua, faktor pendukung diantaranya: ruang kelas yang memadai, solidaritas dan kerjasama peserta didik dan peran guru dan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya : terbatasnya waktu, peserta didik yang buat gaduh dan kemampuan peserta didik yang beragam. Ketiga, menunjukan terdapat 2 kategori yakni berkembang dan belum berkembang, pertama dikatakan berkembang dalam penelitian ini menunjukan bahwa keberanian peserta didik dalam menjawab pertanyaan dan peserta didik jadi bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalahnya. Dan kedua, dikatakan belum berkembang yakni peserta didik masih kesulitan untuk berkomunikasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaswari, MisrohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Nov 2023 02:57
Last Modified: 10 Nov 2023 02:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11521

Actions (login required)

View Item View Item