Eksperimentasi Edukasi Mitigasi Bencana Tanah Longsor Dalam Pembelajaran IPS Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MTs NU Raden Umar Said Colo

Sulistiyaningsih, Liyana (2023) Eksperimentasi Edukasi Mitigasi Bencana Tanah Longsor Dalam Pembelajaran IPS Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MTs NU Raden Umar Said Colo. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (451kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (477kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (718kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (800kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (626kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (369kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni, untuk mengetahui eksperimentasi edukasi mitigasi bencana tanah longsor di MTs NU Raden Umar Said Colo, dan untuk mengetahui terkait pengaruh dari edukasi mitigasi bencana tanah longsor dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa di MTs NU Raden Umar Said Colo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini bersifat alamiah. Pendekatan dalam penelitian yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif . Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru IPS, dan peserta didik kelas IX A MTs NU Raden Umar Said Colo Dawe Kudus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, teknik tes dan dokumentasi. Pengujian instrumen dengan menggunakan uji validitas, yakni teknik korelasi pearson product moment dan menggunakan uji reabilitias, teknik formula alpha cronbach. Desain variabel dalam penelitian ini antara lain varibel bebas yaitu video animasi, dan variabel terikat yaitu hasil belajar, sedangkan desain operasional yang digunakan dengan pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis pendahuluan, analisis hipotesis dan analisis lanjutan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa penerapan dalam edukasi bencana di MTs NU Raden Umar Said Colo yaitu dilaksanakan pada kegiatan extrakulikuler pramuka yaitu dengan melakukan bakti sosial, gotong royong dalam pembersihan sungai, hutan sekitar Colo dan juga lingkungan sekitarnya, sedangkan dari edukasi mitigasi bencana tanah longsor berbasis video animasi memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dari ranah kognitif, dengan hasil uji yang telah dilakukan dengan menggunakan SPSS 16 yang menunjukkan dari uji hasil uji normalitas data menunjukkan hasil posttest pada angka 0,019 dengan data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas menunjukkan nilai sig. pada angka 0,140, yang berarti sampel yang digunakan memiliki varian yang homogen atau setara. Sedangkan pada hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung pada tabel diatas yaitu menunjukkan pada angka -3,331 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 pada N-2 (25-2) yaitu 2,260. Maka H0 ditolak, dan Ha diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa dari adanya edukasi mitigasi tanah longsor dalam pembelajaran IPS berbasis video animasi memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa di MTs NU Raden Umar Said.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatmawati, NoorUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: edukasi, mitigasi bencana, pembelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:40
Last Modified: 15 Nov 2023 02:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11539

Actions (login required)

View Item View Item