Relevansi Pemikiran Mahmud Yunus Terhadap Pendidikan Agama Islam ( Studi Kasus Pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nu Nurul Ulum Jekulo Kudus)

Rohmaniyah, I’anatur (2023) Relevansi Pemikiran Mahmud Yunus Terhadap Pendidikan Agama Islam ( Studi Kasus Pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nu Nurul Ulum Jekulo Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (618kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (194kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (762kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Mahmud Yunus, serta konsep pendidikan Islam untuk mengetahui relevansi konsep pendidikan Mahmud Yunus dengan konsep pendidikan Islam yang berada di MTS NU Nurul Ulum. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif studi pustaka. Penelitian menggunakan penelitian kombinasi yaitu kualitatif studi pustaka. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research), pengumpulan data dengan cara mencari sumber dan merkontruksi dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan riset-riset yang sudah ada. Dan menggunakan penelitian kualitatif dapat dijadikan sebagai metode dalam penelitian, karena desainnya dijabarkan secara komprehensif yang mudah untuk dipahami oleh kalangan peneliti dan akademis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa relevansi pendidikan Islam menurut Mahmud Yunus dengan pendidikan Islam di Indonesia dapat diuraikan berdasarkan: pengertian pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, metode, pendidik, kurikulum, lingkungan pendidikan. Adapun relevansi pendidikan Islam menurut Mahmud Yunus: Pertama, menyelaraskan antara pendidikan agama dan pendidikan umum. Kedua, klasifikasi materi pelajaran yang beliau kemukakan tidak berbeda jauh dari klasifikasi pendididkan saat ini yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Ketiga, metode yang digunakan dalam pembelajaran harus disesuaikan dengan jenjang usia. Keempat, mengintegrated kurikulum dalam artian memadukan antara ilmu agama dan ilmu umum. Kelima, lingkungan pendidikan yang berpengaruh terhadapa pembentukan karakter dan mengasah kemampuan serta ketrampilan atau skill yang dimiliki oleh peserta didik tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorQadam, Izah UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Relevansi, Pemikiran Mahmud Yunus, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Nov 2023 01:21
Last Modified: 16 Nov 2023 01:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11551

Actions (login required)

View Item View Item