Inovasi Pengembangan Budaya Literasi Melalui Program Pojok Baca Kelas di MI Terpadu Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus

Umaroh, Silviana Ummi (2023) Inovasi Pengembangan Budaya Literasi Melalui Program Pojok Baca Kelas di MI Terpadu Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (654kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (667kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (468kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (452kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)

Abstract

Budaya literasi perlu adanya pembiasaan dan kesadaran di lingkungan sekolah. Membaca salah satu aktifitas dalam kegiatan berliterasi, membaca merupakan kunci bagi kemajuan pendidikan. Berbicara tentang budaya literasi membaca, yaitu pemanfaatan pojok baca di dalam kelas. Pojok baca merupakan pemanfaatan sudut ruang kelas sebagai tempat koleksi buku non pelajaran dari peserta didik di tiap-tiap kelas. Program pojok baca kelas di MI Terpadu Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus diharapkan akan merangsang peserta didik untuk lebih meningkatkan minat membaca dan mengembangkan budaya literasi dan memiliki daya pikir yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) konsep inovasi pengembangan budaya literasi melalui program pojok baca kelas, 2) langkah-langkah inovasi pengembangan budaya literasi melalui program pojok baca kelas, 3) dampak inovasi terhadap pengembangan budaya literasi melalui program pojok baca kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Pada penemuan subyek penulis menggunakan teknik purposive sampling sehingga mendapatkan subyek yaitu kepala madrasah, wali kelas IV, dan peserta didik kelas IV. Adapun pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian uji keabsahan data menggunakan beberapa cara yakni perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan member check. Kemudian di analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) konsep inovasi pengembangan budaya literasi melalui program pojok baca kelas yaitu sebuah usaha atau kreativitas untuk mengungkapkan cara-cara baru dalam melakukan suatu pembiasaan untuk menggali minat bakat peserta didik agar bisa inovatif dan kreatif khusus nya dalam bidang literasi. Untuk membangun kesadaran peserta didik akan penting nya membaca dan untuk mendukung pembelajaran yang efektif. Karakteristik inovasi pengembangan budaya literasi di MI Terpadu Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus yaitu: membuat pojok baca di kelas, tersedia fasilitas ruang kelas, pembiasaan membaca 15 menit, tersedia koleksi buku non pelajaran. 2) langkah-langkah inovasi program pojok baca kelas meliputi a) membuat konsep dengan matang, b) memberi hiasan atau hasil karya peserta didik, c) menata buku, d) menata ruang baca, e) membuat jadwal piket, f) bekerja sama antar peserta didik. Sedangkan 3) dampak inovasi terhadap pengembangan budaya literasi, meliputi: meningkatnya minat baca peserta didik, kreativitas peserta didik semakin bertambah karena sering membaca literatur yang berkaitan dengan seni dan keterampilan, maupun buku pengetahuan lain yang tersedia di pojok baca kelas, menanamkan pembiasaan membaca buku pada peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChoir, AbuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Budaya Literasi, Pojok Baca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:10
Last Modified: 16 Nov 2023 02:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11560

Actions (login required)

View Item View Item