Studi Analisis Program Tahfidz AlQur’an Dalam Membentuk Karakter Siswa di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023

Warda, Infitahul (2023) Studi Analisis Program Tahfidz AlQur’an Dalam Membentuk Karakter Siswa di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (350kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (488kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (575kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (634kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (430kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi mempengaruhi beberapa bidang salah satunya adalah bidang pendidikan. Pentingnya pendidikan bagi sebuah bangsa tidak hanya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, tetapi juga untuk membentuk generasi yang berkarakter baik. Kemendiknas menyebutkan penyebab timbulnya krisis moral dan rendahnya karakter anak bangsa adalah pengabaian pendidikan karakter. Nilai karakter suatu bangsa yang semakin menurun menuntut semua pihak untuk meningkatkannya dengan mendorong penanaman pendidikan karakter, baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pendidikan Al-Qur’an. Pendidikan Al-Qur’an dapat berfungsi sebagai pembiasaan, pengenalan, dan penanaman nilai-nilai karakter yang baik kepada anak didik. Oleh karna itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus, serta karakter yang dihasilkan dari pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa, 1) kegiatan perencanaan program tahfidz Al-Qur’an di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus terdiri dari menyusun program tahfidz Al-Qur’an, menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), dan membuat media pembelajaran berupa buku pegangan tahfidz. 2) Program tahfidz Al-Qur’an yang diikuti kelas 6 dilaksanakan setiap hari senin pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB. Dalam pelaksanaannya terdiri dari kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3) Karakter siswa kelas 6 yang terbentuk melalui program tahfidz Al-Qur’an diantaranya, karakter religius, jujur, disiplin, sopan santun, peduli lingkungan, peduli social, kerja keras, cinta damai, dan tanggung jawab. Program tahfidz Al-Qur’an di MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus berpengaruh terhadap karakter siswa di kelas 6 yang dapat dilihat melalui nilai rata-rata hasil perhitungan angket yang dibagikan kepada siswa kelas 6 yaitu 87,8 yang berada pada kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Program, Tahfidz, Karakter
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:15
Last Modified: 16 Nov 2023 02:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11561

Actions (login required)

View Item View Item