Implementasi Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IX Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs NU Miftahul Falah Kudus

Nadlif, Muhammad Khoirun (2023) Implementasi Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IX Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs NU Miftahul Falah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (905kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (495kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (311kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (655kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)

Abstract

Pada skripsi ini membahas tentang implementasi metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IX pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Miftahul Falah Kudus. Hal tersebut ditujukan supaya peserta didik bisa mudah dalam mempelajari dan memahami materi yang akan diajarkan oleh guru, sehingga peserta didik terdorong untuk mengimplementasikanya didalam kehidupan sehari-hari. Dari beberapa metode pembelajaran yang cocok dan tepat untuk materi pembelajaran Akidah Akhlak yaitu metode diskusi. Jenis penelitian dalam skripsi ini yaitu penelitian kualitatif. Pada saat mengambil subyek penelitian, penulis menggunakan teknik penentuan sampel dengan alasan tertentu (metode purposive sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini yaitu pertama, cara seorang guru melaksanakan metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IX pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Miftahul Falah Kudus dengan menggunakan tiga tahapan diantaranya tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kedua, faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode diskusi dalam meningkatkan semangat belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Miftahul Falah Kudus. Faktor pendukung meliputi Faktor pendukung meliputi minat dan motivasi belajar peserta didik, terdapat hubungan antara peserta didik dengan guru, peserta didik lebih dekat dengan guru dalam kegiatan pembelajaran diskusi sehingga muncul suasana yang nyaman dan lebih aktif. Sedangkan faktor penghambat nya yaitu Kurang percaya diri dari peserta didik yang melakukan presentasi, suasana kelas kurang kondusif sebab dalam kegiatan pembelajaran terkadang sulit untuk di atur dan dalam menentukan peserta didik yang akan presentasi guru sedikit kesulitan karena semua peserta didik rata-ratanya hampir sama. Ketiga, Hasil yang diperoleh dalam Implementasi metode diskusi dalam meningkatkan semangat belajar siswa kelas IX A pada mata pelajaran akidah akhlak adalah sudah cukup baik, dapat dilihat dengan adanya peserta didik yang lebih aktif, lebih percaya diri untuk bertanya dan berani untuk mengungkapkan pendapatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBahtiar, EdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Motivasi Belajar, Akidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Nov 2023 01:09
Last Modified: 17 Nov 2023 01:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11573

Actions (login required)

View Item View Item