Model Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Tahfidzul Qur’an (Studi Kasus di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus), Program Studi Manajmen Pendidikan Islam, Pascasarjana, IAIN Kudu

Fuadi, Muchlis (2023) Model Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Tahfidzul Qur’an (Studi Kasus di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus), Program Studi Manajmen Pendidikan Islam, Pascasarjana, IAIN Kudu. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (701kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (442kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (839kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (931kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (695kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (535kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (542kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk 1) mendeskripsikan, menganalisa, serta menjelaskan bentuk supervisi akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran tahfidz al-Qur’an di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus; 2) mendeskripsikan, menganalisa, serta menjelaskan pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan mutu pembelajaran tahfidz al-Qur’an di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus; dan 3) mendeskripsikan, menganalisa, serta menjelaskan evaluasi supervisi akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran tahfidz al-Qur’an di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan model studi kasus. Penggalian data digunakan teknik wawancara, observasi dan pengajian dokumen. Subjek pada penelitian ini, yaitu Ketua Pondok, Pengurus Departemen Pendidikan dan Dewan Asatidz di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus. Semua data setelah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan beberapa tahap yaitu, meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) Bentuk kegiatan supervisi akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran tahfidh al-Qur’an yang dilaksanakan di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Pusat Putra Kudus antara lain; kunjungan halaqah, pertemuan individual dan rapat dewan asatidz. Dari ketiga bentuk kegiatan supervisi akademik ini, peneliti menyimpulkan bahwa ketua pondok menggunakan model supervisi klinis yaitu pendampingan dalam pelaksanaan supervisi. 2) Pelaksanaan kegiatan supervisi akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran tahfidh al-Qur’an di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Pusat Putra Kudus, diawali dengan diadakannya perencanaan program kegiatan supervisi akademik oleh ketua pondok dan segenap pengurus di setiap awal tahun pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, kegiatan supervisi akademik antara lain kunjungan halaqah, pertemuan individual dan rapat dewan asatidz. Ketiga bentuk kegiatan supervisi akademik ini dilaksanakan oleh ketua pondok dan pengurus bagian Departemen Pendidikan sesuai jadwal yang telah diprogramkan. Tindak lanjut dari adanya pelaksanaan kegiatan supervisi akademik ini adalah adanya pembinaan; langsung dan tidak langsung. 3) Evaluasi terhadap kegiatan supervisi akademik yang telah terlaksana di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Pusat Putra Kudus menghasilkan bahwa kegiatan supervisi akademik ini telah meningkatkan mutu pembelajaran tahfidz al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUlya, UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model, Mutu Pembelajaran, Supervisi Akademik, Tahfidz alQur’an
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:21
Last Modified: 29 Nov 2023 04:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11599

Actions (login required)

View Item View Item