Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Menggunakan Media Pop-Up Book di MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus

Syifa’, Layyinatus (2023) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Menggunakan Media Pop-Up Book di MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (10MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (449kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (580kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (359kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (571kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (321kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa menggunakan media pop-up book di MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan tersebut. Metode kualitatif merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu pendekatan yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena secara mendalam, seperti: tindakan, peristiwa, persepsi, pemikiran orang baik secara individual maupun kelompok secara mendalam dan sebagainya. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah MI NU Salafiyah, wali kelas 3 serta 4 peserta didik yang belum bisa membaca. Data-data tentang strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa menggunkaan media pop-up book di MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus dikumpulkan dengan teknik wawancara atau interview, observasi, dan menggunakan studi dokumentasi. Setelah peneliti terjun langsung ke lapangan dan mengumpulkan data-data secara akurat serta menganalisisnya, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, problem kemampuan membaca di MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus sangat rendah sehingga terjadi kendala dalam pembelajaran. Penyebab terjadinya problem tersebut adalah kurangnya penggunaan media latihan membaca, sarana prasarana, dan faktor lingkungan. Sehingga literasi yang ada di MI NU Salafiyah menjadi sangat minim. Kedua, faktor pendukung media untuk strategi pembelajaran agar meningkatkan keterampilan membaca siswa adalah: sarana prasarana, media dinding, dari mediator atau pendidik, peserta didik dan kelebihan dari media pop-up book sendiri. Adapun ketiga, faktor penghambatnya adalah: waktu yang sangat terbatas dan faktor peserta didik dalam latihan belajar membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFa'atin, SalmahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, keterampilan membaca, media pop-up book
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Dec 2023 02:31
Last Modified: 02 Dec 2023 02:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11610

Actions (login required)

View Item View Item