Pola Pemanfaatan Laboratorium PAI Digital Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Di SMA NU Al Ma’ruf Kudus

Maulida, Faza (2023) Pola Pemanfaatan Laboratorium PAI Digital Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Di SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover s.d Kata Pengantar.pdf

Download (798kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (372kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (179kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (656kB)
[img] Text
8. BAB V_3.pdf

Download (137kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pola pemanfaatan laboratorium PAI digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA NU Al-Ma’ruf Kudus, kendala dalam pemanfaatan laboratorium PAI digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA NU Al-Ma’ruf Kudus dan dampak pemanfaatan laboratorium PAI digital terhadap peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA NU Al-Ma’ruf Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik di SMA NU Al-Ma’ruf Kudus. Tehnik analisis data yang digunakan adalah interactive model, yang unsur-unsurnya meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan conclusion drawing/verifiying. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pertama, pemanfaatan laboratorium PAI digital dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA NU Al-Ma’ruf Kudus memiliki pola; multifungsi; komprehenshif; fleksibel; dan transformatif. Kedua, kendala yang timbul dalam pemanfaatan laboratorium PAI digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA NU Al-Ma’ruf Kudus terdiri dari hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal mencakup kurangnya motivasi peserta didik dalam belajar, perbedaan tingkat kecerdasan peserta didik dan perbedaan cara belajar peserta didik. Adapun hambatan eksternal mencakup jaringan internet yang tidak stabil, terbatasnya akses hanya bagi pengguna yang mengetahui username dan password laboratorium PAI digital dan kurangnya fasilitas smartphone bagi peserta didik yang kurang mampu. Ketiga, dampak pemanfaatan laboratorium PAI digital terhadap peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA NU Al-Ma’ruf Kudus yaitu meningkatkan produktivitas pembelajaran PAI, tercapainya tujuan pembelajaran PAI, manajemen efisiensi dan efektivitas pembelajaran, meningkatnya hasil belajar peserta didik, dan memberikan kesenangan dalam suasana belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIhsan, IhsanUNSPECIFIED
Thesis advisorIn'ami, MohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Laboratorium PAI digital, Mutu pembelajaran PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Dec 2023 03:43
Last Modified: 02 Dec 2023 03:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11618

Actions (login required)

View Item View Item