Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Penerapan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kudus)

Sa’adah, Nihayatus (2023) Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Penerapan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (991kB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (303kB)
[img] Text
03. Daftar isi.pdf

Download (346kB)
[img] Text
04. Bab 1.pdf

Download (579kB)
[img] Text
05. Bab 2.pdf

Download (535kB)
[img] Text
06. Bab 3.pdf

Download (473kB)
[img] Text
07. Bab 4.pdf

Download (962kB)
[img] Text
08. Bab 5.pdf

Download (196kB)
[img] Text
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (289kB)

Abstract

Laporan keuangan pemerintah daerah merupakan salah satu bentuk akuntabilitas publik. laporan keuangan pemerintah daerah merupakan hal yang sangat penting dalam mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan. Karena tuntutan masyarakat yang semakin besar terhadap pelaksanaan akuntabilitas, maka menyebabkan implikasi terhadap manajemen instansi pemerintahan untuk memberikan informasi kepada publik. Fungsi informasi dalam laporan keuangan pemerintah daerah tidak memiliki manfaat apabila penyampaian dan penyajian laporan keuangan tidak andal dan tidak tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan penerapan sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif kausal. Metode pengumpulan data menggunakan data primer, dengan populasi dalam penelitian ini adalah PNS di 16 OPD, dan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 responden dengan teknik penentuan sampel adalah teknik sampling purposive. Responden dalam penelitian ini adalah Eselon III dan Eselon IV. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kompetensi sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Akan tetapi, variabel penerapan sistem pengendalian intern tidak terdapat pengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBaihaqi, JadzilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Penerapan Sistem Pengendalian Intern, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Keuangan Negara
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Organisasi dan Keuangan
Bisnis > Manajemen > Organisasi dan Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2023 02:31
Last Modified: 03 Dec 2023 02:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11644

Actions (login required)

View Item View Item