Implementasi Media Audio Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Lasem

Nurhalimah, Siti (2023) Implementasi Media Audio Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Lasem. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (545kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (598kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (221kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis peneliannya merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data diperoleh dari data primer yaitu kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik kelas XI-C, dan sumber data sekunder dari buku, jurnal, dan penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, pengkajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi media audio visual dalam pembelajaran PAI di SLB Negeri Lasem berguna untuk membantu guru dalam menyampaikan materi, memudahkan peserta didik dalam menerima materi, meningkatkan semangat belajar peserta didik, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Pada pelaksanaannya, dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pertama, tahap perencanaan, guru menyiapkan RPP, menetukan media audio visual yang akan digunakan dan yang terakhir yaitu menyiapkan alat-alat yang akan digunakan. Kedua, tahap pelaksanaan, guru mengkondisikan peserta didik untuk bersiap memulai pembelajaran, menyampaikan tema yang akan dibahas dan menjelaskan secara global materi yang akan dibahas, kemudian video pembelajaran ditampilkan dan guru tetap mengarahkan kondisi peserta didik dalam menyaksikan video pembelajaran. Ketiga, tahap evaluasi, pada tahap ini guru melakukan evaluasi melalui tes dan non-tes. Jenis tes dapat berupa tes lisan dan tes tertulis yang dapat dilakukan melalui ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. Sedangkan non-tes berupa penilaian terhadap perilaku peserta didik sehari-hari. Penilaian yang dilakukan oleh guru meliputi 3 ranah dalam tujuan pembelajaran, yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. (2) Faktor pendukung dari implementasi media audio visual dalam pembelajaran PAI di SLB Negeri Lasem yaitu minat dan motivasi yang dimiliki peserta didik, kesabaran dan ketekunan guru dalam menghadapi peserta didik, guru yang kreatif dan inovatif dalam penyampaian materi, dan tersedianya sarana prasaran yang mendukung implementasi media audio visual, (3) Kendala dari implementasi media audio visual dalam pembelajaran PAI di SLB Negeri Lasem adalah: peserta didik memiliki IQ rendah yang mengakibatkan mereka sulit mengingat, konsentrasi yang mudah terganggu dan suka bertindak semaunya sendiri, tingkat emosional yang belum dapat dikendalikan dan waktu pembelajaran yang terbatas. Adapun solusi yang dilakukan guru yaitu dengan cara memberikan kesan yang baik kepada peserta didik diawal pembelajaran, memfokuskan perhatian peserta didik, memberikan motivasi, pujian dan trik, serta guru harus bersabar dalam menghadapi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasturin, MasturinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Media Audio Visual, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2023 03:24
Last Modified: 03 Dec 2023 03:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11652

Actions (login required)

View Item View Item