Pengaruh Adversity Quotient dan Mathematics Anxiety Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII MTs Silahul Ulum Pati

Rohmah, Anny Nailatur (2023) Pengaruh Adversity Quotient dan Mathematics Anxiety Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII MTs Silahul Ulum Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (976kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (386kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (494kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (790kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (546kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (666kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (414kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Adversity Quotient merupakan kemampuan seseorang untuk menghadapi kesulitan yang berperan cukup penting dalam kemampuan koneksi matematika. Sementara Mathematics Anxiety merupakan kondisi emosi seseorang ketika dihadapkan dengan matematika yang menjadi salah satu faktor kemampuan koneksi matematika. Adversity Quotient diperlukan untuk menghadapi kesulitan-kesulitan dalam mencapai kemampuan koneksi matematika, sedangkan Mathematics Anxiety merupakan kondisi emosi yang mempengaruhi kinerja otak dalam mencapai kemampuan koneksi matematika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara Adversity Quotient dan Mathematics Anxiety terhadap kemampuan koneksi matematika. Data diperoleh dari hasil data angket, tes, dokumentasi, dan observasi.Setelah seluruh data terkumpul dan dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda diperoleh hasil bahwa 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Adversity Quotient dengan kemampuan koneksi matematika siswa kelas VIII MTs Silahul Ulum Pati sebesar 53.9% 2) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara Mathematics Anxiety dengan kemampuan koneksi matematika siswa kelas VIII MTs Silahul Ulum Pati sebesar 48.7% 3) Terdapat pengaruh signifikan antara Adversity Quotient dan Mathematics Anxiety secara simultan dengan kemampuan koneksi matematika siswa kelas VIII MTs Silahul Ulum Pati sebesar 62.7%. Dari hasil penelitian, dapat dilihat bahwa semakin tinggi tingkat Adversity Quotient siswa maka kemampuan koneksi matematika juga semakin tinggi, serta semakin tinggi tingkat Mathematics Anxiety siswa semakin rendah tingkat kemampuan koneksi matematika. Dengan adanya penelitian ini diharapkan para guru dapat lebih meningkatkan Adversity Quotient siswa dan meminimalisir Mathematics Anxiety siswa guna mencapai keterampilan kemapuan koneksi matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWahyuni, Fina TriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Adversity Quotient, Mathematics Anxiety, Kemampuan Koneksi Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2023 07:54
Last Modified: 03 Dec 2023 07:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11656

Actions (login required)

View Item View Item