Fatimah, Siti (2015) HUBUNGAN PENERAPAN STRATEGI MATRIKS INGATAN DENGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS V MI NU MIFTAHUL ULUM LORAM KULON JATI KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB 2.pdf Download (3MB) |
|
Text
6. BAB 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB 5.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan Strategi Matriks Ingatan dan kemampuan kognitif dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas V MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus (2) Untuk mengetahui adanya hubungan penerapan strategi matriks ingatan dengan peningkatan kemampuan kognitif dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas V MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang akan diteliti dengan kuantitatif adalah strategi matriks ingatan terhadap peningkatan kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus yakni pada ruang lingkup kelas V. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas V sejumlah 32 kemudian diambil sampel sebesar 30, cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dikatakan simple random sampling karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu dengan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan strategi matriks ingatan terhadap peningkatan kemampuan kognitif peserta didik kelas V pada mata pelajaran SKI di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus dalam kategori baik sebesar 43 yang masuk dalam kelas interval 40-44 berkategori baik. Jadi semakin baik penerapan strategi matriks ingatan yang dilakukan oleh guru SKI, maka semakin meningkat. Dan kemampuan kognitif peserta didik dalam pembelajaran SKI dalam kategori cukup, yaitu dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 44 yang masuk dalam kelas interval 41-46 berkategori cukup. Jadi dalam pembelajaran SKI peserta didik antusias menerima materi dengan baik, serta membentuk sikap belajar peserta didik yang baik pula. 2) Penerapan strategi matriks ingatan memiliki hubungan yang positif dan cukup signifikan denga kemampuan kognitif peserta didik dalam pembelajaran SKI di kelas V MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus dengan koefisien korelasi sebesar 0,481.Adapun besaran varian hubungan antara penerapan strategi matriks ingatan dengan kemampuan kognitif peserta didik dalam pembelajaran SKI di kelas V MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus adalah sebesar 23,13%. Kata Kunci: Strategi Matriks Ingatan, Kemampuan Kognitif, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 01:39 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 01:39 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1167 |
Actions (login required)
View Item |