Nurussyafaah, Laila (2023) Peran Guru IPS dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Melalui Metode Diskusi dan Permainan di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (298kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (257kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (322kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (487kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (345kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (785kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (252kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) |
Abstract
Prestasi belajar IPS sangat penting untuk mendapat perhatian. Diupayakan agar prestasi belajar peserta didik meningkat dan peserta didik diminta lebih aktif dalam mencari dan mendalami tugas-tugas yang telah diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mendeskripsikan peranan guru IPS dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII melalui metode diskusi dan permainan di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus. Kedua, menjelaskan strategi yang dilakukan guru IPS dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII melalui metode diskusi dan permainan di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus. Ketiga, menjelaskan hambatan-hambatan guru IPS dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII melalui metode diskusi dan permainan di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru IPS, kepala madrasah, waka kesiswaan dan peserta didik kelas VIII MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco. Teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a. Peranan guru IPS dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII melalui metode diskusi dan permainan adalah sebagai pengajar, motivator, pembimbing, sumber belajar, teladan, pelatih dan elevator. b. Strategi yang dilakukan guru IPS untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam melakukan pembelajaran adalah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), menggunakan metode belajar yang variatif, disesuaikan dengan materi, menambah kreativitas belajar peserta didik, memberikan perhatian, dan membentuk kelompok belajar. Selain itu hasil dari penerapan metode diskusi dan permainan menunjukkan peserta didik mengalami peningkatan prestasi belajarnya. Hal tersebut diketahui dari hasil rata-rata penilaian harian (RPH) dan penilaian akhir semester (PAS) peserta didik kelas VIII. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif itu sangat diperlukan bagi setiap guru untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didiknya. c. Hambatan-hambatan yang dihadapi guru IPS yaitu perilaku disruptif peserta didik, peserta didik tidak fokus saat pelajaran berlangsung, peserta didik mudah mengantuk saat pembelajaran, keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran, dan kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru IPS, Prestasi Belajar Peserta Didik, Metode Diskusi dan Permainan | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Dec 2023 07:58 | ||||||
Last Modified: | 09 Dec 2023 07:58 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11691 |
Actions (login required)
View Item |