Peran Guru IPS dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Melalui Metode Diskusi dan Permainan di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus

Nurussyafaah, Laila (2023) Peran Guru IPS dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Melalui Metode Diskusi dan Permainan di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (487kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (345kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (785kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (252kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)

Abstract

Prestasi belajar IPS sangat penting untuk mendapat perhatian. Diupayakan agar prestasi belajar peserta didik meningkat dan peserta didik diminta lebih aktif dalam mencari dan mendalami tugas-tugas yang telah diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mendeskripsikan peranan guru IPS dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII melalui metode diskusi dan permainan di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus. Kedua, menjelaskan strategi yang dilakukan guru IPS dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII melalui metode diskusi dan permainan di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus. Ketiga, menjelaskan hambatan-hambatan guru IPS dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII melalui metode diskusi dan permainan di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru IPS, kepala madrasah, waka kesiswaan dan peserta didik kelas VIII MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco. Teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a. Peranan guru IPS dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII melalui metode diskusi dan permainan adalah sebagai pengajar, motivator, pembimbing, sumber belajar, teladan, pelatih dan elevator. b. Strategi yang dilakukan guru IPS untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam melakukan pembelajaran adalah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), menggunakan metode belajar yang variatif, disesuaikan dengan materi, menambah kreativitas belajar peserta didik, memberikan perhatian, dan membentuk kelompok belajar. Selain itu hasil dari penerapan metode diskusi dan permainan menunjukkan peserta didik mengalami peningkatan prestasi belajarnya. Hal tersebut diketahui dari hasil rata-rata penilaian harian (RPH) dan penilaian akhir semester (PAS) peserta didik kelas VIII. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif itu sangat diperlukan bagi setiap guru untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didiknya. c. Hambatan-hambatan yang dihadapi guru IPS yaitu perilaku disruptif peserta didik, peserta didik tidak fokus saat pelajaran berlangsung, peserta didik mudah mengantuk saat pembelajaran, keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran, dan kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMundakir, AkhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru IPS, Prestasi Belajar Peserta Didik, Metode Diskusi dan Permainan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Dec 2023 07:58
Last Modified: 09 Dec 2023 07:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11691

Actions (login required)

View Item View Item