Implementasi Model Pembelajaran Scientific Berbasis Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Alquran Hadits Kelas VIII MTs. Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati Tahun Pelajaran 2022/2023

Pratiwi, Indah (2023) Implementasi Model Pembelajaran Scientific Berbasis Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Alquran Hadits Kelas VIII MTs. Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (575kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (379kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (590kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Implementasi Model Pembelajaran Scientific Berbasis discovery learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Alquran Hadits Kelas VIII MTs. Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati Tahun Pelajaran 2022/2023, tujuan dalam penelitian ini yaitu: untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Alquran Hadits, setelah menerapkan model discovey learning apakah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada matapelajaran Alquran hadits. Model discovery learning adalah proses pembelajaran dengan memahami suatu konsep, arti, dan hubungan dari suatu materi yang dibahas untuk menemukan kesimpulan. metode discovery learning dapat mengubah arah pembelajaran yang awalnya terfokus kepada guru bisa menjadi lebih fokus kepada peserta didik sehingga membuat pembelajaran tidak lagi menjadi pasif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, dimana peneliti pergi ke tempat penelitian untuk mendapatkan informasi dan data yang dibutuhkan. Analisis penelitian terkait pelaksanaan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadits yaitu dilakukan dengan berbagai metode, sehingga peserta didik tertarik mengikuti pembelajaran. Hambatan yang terlihat dalam pelaksanaan pembelajaran model discovery learning berasal dari siswa sendiri yakni, siswa yang pasif, ketidak efektifan waktu. Peningkatan hasil belajar peserta didik juga di sebabkan karena adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh peserta didik. setelah dilakukan implementasi model discovery learning, dengan berfikir kritis peserta didik tidak hanya dapat menyerap semua informasi yang mereka terima namun peserta didik juga menyaring informasi tersebut dan mencari bukti dan data yang akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsyhari, AndiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Scientific, Discovery Learning Dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:25
Last Modified: 22 Dec 2023 08:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11741

Actions (login required)

View Item View Item