PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENERAPAN PENDEKATAN INDIVIDUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI MTS NU MIFTAHUL HUDA BULUNG KULON JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ibriza, Farichatul (2016) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENERAPAN PENDEKATAN INDIVIDUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI MTS NU MIFTAHUL HUDA BULUNG KULON JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (854kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (863kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (927kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (958kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (945kB)

Abstract

Saat ini, banyak sekali para guru yang kurang memahami masing-masing siswa. mereka beranggapan bahwa semua siswa itu sama. Padahal pada kenyataannya, masing-masing siswa memiliki beragam perbedaan, baik dari fisik, psikis maupun kondisi ekonomi, khususnya siswa di MTs NU Miftahul Huda Bulung Kulon. Guru perlu menerapkan pendekatan pembelajaran yang bisa memahami perbedaan karakteristik siswa. Selain itu, jarang sekali guru yang mau berupaya untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa. Padahal siswa sangat membutuhkan keterampilan sosial, sebagai bekal dalam kehidupannya di lingkungan sosial. Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauhmana penerapan pendekatan individual dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa di MTs NU Miftahul Huda Bulung Kulon, serta untuk mengetahui peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui penerapan pendekatan individual. Mulai dari peran upaya guru dalam penerapan pendekatan individual, upaya guru dalam peningkatan keterampilan sosial siswa, dan faktor apa saja yang menjadi penunjang dalam mencapai hasil optimal dari upaya tersebut. Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah field research (Penelitian Lapangan). Peneliti terjun langsung ke lapangan lokasi penelitian di MTs NU Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus, untuk melakukan penelitian mengenai peran guru akidah akhlak dalam penerapan pendekatan individual untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan trianggulasi. Mulai dari wawancara sumber data primer dan sekunder, observasi terkait peran guru akidah akhlak dalam penerapan pendekatan individual, observasi terkait peningkatan keterampilan sosial siswa, dan sejauhmana upaya tersebut dapat terlaksana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, guru akidah akhlak di MTs NU Miftahul Huda menyadari, bahwasanya ia memiliki peran yang sangat berganda. Salah satunya ialah sebagai desain pembelajaran, dimana ia perlu menerapkan pendekatan individual untuk membantu memahami perbedaan siswa. Salah satu pendekatan individual tersebut dilakukan secara face to face, untuk mempermudah mencari tahu akar permasalahan siswa dan solusinya, yang dilakukan didalam jam pelajaran dan pada saat jam istirahat berlangsung. Selain itu guru juga berperan sebagai pembimbing dan pengarah yang berupaya untuk menanamkan dan meningkatkan keterampilan sosial dalam diri siswa. Hal tersebut dimuali dari penanaman sikap posotif dalam diri siswa, mengajarkan siswa cara bersosialisasi yang baik dengan masyarakat dan cara penanaman keterampilan agar siswa lebih berani dan memiliki bekal dalam tampil di depan masyarakat, sebab dengan memiliki keterampilan sosial dalam diri siswa, maka keberadaan siswa menjadi lebih diakui dan diterima masyarakat dengan baik. Kata kunci : Peran Guru, Pendekatan Individual, dan Keterampilan Sosial Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jun 2017 02:45
Last Modified: 05 Jun 2017 02:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1177

Actions (login required)

View Item View Item