Nuryana, Salma (2023) Penerapan Metode Sima’i Dan Wahdah Dalam Meningkatkan Prestasi Hafalan Peserta Didik di MI Tarbiyatul Islamiyah Gabus Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (474kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (462kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (642kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (789kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (453kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (435kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berdasarkan pada banyaknya program taḥfīẓ yang ditawarkan di Sekolah MI yang belum dapat menghantarkan hafalan peserta didik ke prestasi hafalan yang terus meningkat. Skripsi dengan judul Penerapan Metode Sima’i Dan Wahdah Dalam Meningkatkan Prestasi Hafalan Peserta Didik di MI Tarbiyatul Islamiyah Gabus Pati di buat dengan tujuan, dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Sima’i dan Wahdah dalam meningkatkan prestasi hafalan peserta didik dan untuk mengetahui hambatan dan solusi penerapan metode Sima’i dan Wahdah dalam meningkatkan prestasi hafalan peserta didik di MI Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom. Para peserta didik banyak yang belum mengetahui metode apa yang digunakannya, melalui wawancara ini mereka mengungkapkan cara mereka dalam menghafal setelah itu peneliti menyimpulkan. Dengan diketahuinya nama metode yang diterapkan dalam menghafal al-Qur’an diharapkan peserta didik lebih disiplin dalam menambah hafalan, mengulang-ulang hafalan dan memperdengarkan hafalanya. Penelitian ini merupakan penilitian field research (penelitian lapangan) yang analisis datanya menggunakan analisis kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dengan kepala sekolah, guru taḥfīẓ, dan peserta didik taḥfīẓ, observasi tentang penerapan metode Sima’i dan Wahdah, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga langkah yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan data terhadap lokasi penelitian di MI Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa keberhasilan penerapan metode Sima’i Dan Wahdah Dalam Meningkatkan Prestasi Hafalan Peserta Didik tidak terlepas dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dipersiapkan dengan matang sehingga membutuhkan pemikiran dan analisis mendalam, (1) Penerapan metode Sima’i dan Wahdah dapat meningkatkan prsetasi hafalan al-Qur’an peserta didik yang mana peserta didik mendengarkan, memperdengarkan dan mengulang-ngulang hafalan yang akan disetorkan dan yang sudah disetorkan. Terdapat evaluasi hafalan yaitu evaluasi harian, dan semesteran,(2) Hambatan merupakan suatu hal yang lumrah dikalangan penghafal al-Qur’an, Apalagi peserta didik memiliki dua kewajiban yaitu menghafal dan sekolah. Hambatan yang dihadapi yaitu malas untuk menambah setoran, adanya kemampuan dari masing-masing peserta didik yang beragam, dalam al-Qur’an banyak Ayat-Ayat yang Sama atau Serupa, Gangguan lingkungan. (3) Solusi yang diambil berdasarkan hambatan tersebut, maka solusi yang diterapkan pihak guru menyesuaikan dengan sebab permasalahan, dan untuk mengatasi hambatan tersebut pasti ada. Yang terpenting peserta didik memiliki tekad yang kuat untuk menjadi penghafal al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Sima’i dan Wahdah, Prestasi, Hafalan al-Qur’an | ||||||
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 04 Jan 2024 08:08 | ||||||
Last Modified: | 04 Jan 2024 08:08 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11786 |
Actions (login required)
View Item |