Implementasi Budaya Sekolah Untuk Penguatan Rumpun Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus

Lailaturrohmaniah, Lailaturrohmaniah (2023) Implementasi Budaya Sekolah Untuk Penguatan Rumpun Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (386kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (165kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (380kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (139kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)

Abstract

Penerapan budaya sekolah sebagai penguatan rumpun pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan sebuah alternatif untuk mengimplementasikan eksistensi dari nilai ajaran Islam secara konseptual. kegagalan Pendidikan Agama Islam disebabakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam lebih menitikberatkan pada hal hal yang bersifat formal dan hafalan, bukan pada pemaknaannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui secara mendalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi budaya sekolah untuk penguatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yang dapat dipahami dengan Implementasi Budaya Sekolah untuk Penguatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, pendekatan ini merupakan suatu proses pengumpulan data secara sistematis untuk memperoleh pengetahuan tentang Implementasi Budaya Sekolah untuk Penguatan Rumpun pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian ini digunakan karena peneliti mampu mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi budaya sekolah untuk penguatan rumpun pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan jumlah tujuh informan, yaitu wakil kepala kurikulum, wakil kepala kesiswaan, dua guru Pendidikan Agama Islam, guru wali kelas dan dua peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Perencanaan budaya sekolah untuk penguatan rumpun pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus dilakukan melalui penyusunan program tahunan dan semesteran yang melibatkan semua pimpinan dan Guru. Pelaksanaan budaya sekolah untuk penguatan rumpun pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus dilaksanakan secara terjadwal sesuai dengan yang direncanakan yang dikoordinasi oleh waka kurikulum dan waka kesiswaan. Evaluasi budaya sekolah untuk penguatan rumpun pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus dilakukan melalui peringatan dan sanksi bagi mereka yang melanggar. Dapat dipahami bahwa implementasi budaya sekolah mempengaruhi penguatan rumpun pembelajaran Pendidikan Agama Islam disekolah seperti hal nya pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan memfokuskan pada hafalan surah dan hadits, pelajaran Fiqih dengan memfokuskan pada saat peserta didik mengerjakan wudhu disaat akan melaksanakan sholat, pelajaran Akidah Akhlak dengan memfokuskan pembiasaan senyum salam sapa, dan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menekankan pada kemampuan mengambil ibrah atau hikmah dari sejarah islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUlya, UlyaUNSPECIFIED
Thesis advisorQadam, Izah UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Budaya sekolah, Ibtidaul Falah, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jan 2024 08:25
Last Modified: 04 Jan 2024 08:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11788

Actions (login required)

View Item View Item