Hudha, Muhammad Munawir (2023) Implementasi Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs. Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (335kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (280kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (661kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (821kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (365kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (502kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (268kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (357kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan pada variasi model pembelajaran Fiqih yang selama ini membuat peserta didik kurang maksimal dalam menangkap materi yang di ajarkan, sehingga penulis mengadakan penelitian terhadap salah satu model pembelajaran Fiqih melalui Student Teams-Achievement Divisions (STAD) sebagai model pembelajaran yang dapat diimplementasikan terhadap mata pelajaran Fiqih, karena dapat menumbuhkan keterampilan belajar bagi peserta didik. Penelitian ini membahas tentang Implementasi Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs. Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai 1) Implementasi Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) terhadap pelaksanaan pembelajaran Fiqih di MTs. Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus 2) Respon Peserta Didik terhadap Implementasi model belajar Student Teams-Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran fiqih di MTs. Hidayatul Mustafidin 3) Alasan Mengapa Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) perlu difokuskan pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs. Hidayatul Mustafidin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif-deskriptif. Lokasi penelitian ini Desa Lau Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, tepatnya di MTs. Hidayatul Mustafidin. Adapun Subjek dalam penelitian ini diantaranya yaitu Guru Mata Pelajaran Fiqih dan Peserta Didik. Sumber data penelitian ini diperoleh dari kegiatan wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Pengujian keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui uji triangulasi (kroscek data) berupa triangulasi sumber, teknik dan waktu. Sementara Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa tahap reduksi data, penyajian data serta verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat perubahan segi keaktifan peserta didik, dimana peserta didik lebih bersemangat untuk melakukan pembelajaran 2) Peserta didik aktif dalam bertanya tentang pembelajaran yang belum dipahami 3) Peserta didik aktif dalam berdiskusi dengan temannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran STAD, Keterampilan Siswa, Mata Pelajaran Fiqih | ||||||
Subjects: | Fiqih, Hukum Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 Jan 2024 02:14 | ||||||
Last Modified: | 08 Jan 2024 02:14 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11795 |
Actions (login required)
View Item |