Analisis Nilai Toleransi dalam Pendidikan Islam (Telaah Kitab Khulashah Nurul Yaqin karya Umar Abdul Jabbar)

Ilma, Muhammad Mujahwirul (2023) Analisis Nilai Toleransi dalam Pendidikan Islam (Telaah Kitab Khulashah Nurul Yaqin karya Umar Abdul Jabbar). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (424kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (758kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (940kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (547kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (827kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (343kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB)

Abstract

Pendidikan toleransi merupakan usaha untuk membentuk karakter masyarakat yang saling tolong menolong tanpa memandang suku, ras, derajat, maupun agama. Agama berperan penting dalam mewujudkan nilai nilai toleransi di masyarakat, sehingga perlunya menyisipkan nilai nilai toleransi dalam setiap Pendidikan agama. Dalam sejarah tercatat, perang zaman dahulu banyak yang dipicu karena perbedaan dalam beragama salah satunya tertulis dalam kitab Khulasoh Nuril Yaqin Karya Umar Abdul Jabbar. Kitab Khulasoh Nuril Yaqin Karya Umar Abdul Jabbar berisikan bukan hanya untuk mengetahui seberapa banyak jumlah perang yang dimenangkan umat Islam. Didalamnya juga tertulis alasan alasan terjadinya perang, karakter Nabi Muhammad sebagai pimpinan umat Islam dan para sahabat Nabi Muhammad. Memahami dan mengajarkan kitab Khulasoh Nuril Yaqin jangan hanya tentang kedigdayaan umat Islam yang sering menang perang, namun disertai sisipan nilai nilai toleransi islam yang tersirat dalam karakter Nabi Muhammad serta alasan Islam mengumandangkan perang. Pendidikan Agama Islam di Indonesia lebih sering menempatkan Kitab Khulasoh Nuril Yaqin sebagai pegangan belajar anak setingkat usia Madrasah Ibtidaiyyah. Dalam penerapan Pendidikan formal, Khulasoh Nuril Yaqin menjadi mata pelajaran Muatan Lokal di madrasah madrasah Ibtidaiyyah di Indonesia sehingga penekanan materi perlu diperbanyak nilai nilai toleransi agar siswa Madrasah Ibtidaiyyah memiliki karakter cinta perdamaian dan mengedepankan nilai nilai toleransi dalam bersosial. Oleh sebab itu, peneitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai toleransi dalam Kitab Khulasoh Nuril Yaqin Karya Umar Abdul Jabbar. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), dengan menggunakan pendekatan hermeneutika. Sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, dengan analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dan analisis hermeneutika objektif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Kitab Khulasoh Nuril Yaqin Karya Umar Abdul Jabbar mengandung banyak nilai nilai toleransi secara tersirat dalam beberapa kutipan dalam kitab Khulasoh. Hasil ini menyimpulkan nilai nilai toleransi dalam Kitab Khulasoh Nuril Yaqin Karya Umar Abdul Jabbar meliputi : 1) Toleransi dalam akidah 2) Toleransi dalam ibadah 3) Toleransi dalam Pendidikan 4) Toleransi dalam bermasyarakat. Serta nilai nilai toleransi dapat diterapkan dalam Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah seperti Pendidikan anak MI yang berbasis aqidah dalam setiap mata pelajaran ditekankan nilai nilai toleransi dengan bertujuan untuk membentuk anak yang berkepribadian Islam, yaitu memiliki karakter Islam rahmatallil alamiin serta lembaga madrasah perlu menekankan konsep belajar dengan siapa saja agar siswa tidak terpaku pada guru saja, melainkan bisa di semua lingkungan madrasah Ibtidaiyyah sehingga mampu memicu toleransi dalam dunia Pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanti, Rini DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Toleransi, Pendidikan Islam, Kitab Khulasoh Nuril
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:08
Last Modified: 08 Jan 2024 03:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11803

Actions (login required)

View Item View Item