Desain Pembelajaran PAI dalam Menangkal Radikalisme di SMK N 1 Sayung Demak tahun pelajaran 2022/2023

Mufnil’Ida, Ahmad (2023) Desain Pembelajaran PAI dalam Menangkal Radikalisme di SMK N 1 Sayung Demak tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (675kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (833kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskipsikan dan menganalisis tentang 1) Untuk mengetahui Desain pembelajaran PAI yang digunakan dalam menangkal radikalisme di SMKN 1 Sayung Demak. 2) untuk mengetahui hambatan dan solusi guru sebagai desainer dalam menangkal radikalisme di SMKN 1 Sayung Demak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif sesuai dengan obyek kajian, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Disini penulis mengambil lokasi di SMK N 1 Sayung Demak. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Objek keabsahan datanya menggunakan beberapa cara yakni pengamatan, triangulasi dan juga menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penggunaan Desain Pembelajaran PAI dalam Menangkal Radikalisme di SMK N 1 Sayung Kabupaten Demak sudah berjalan baik dan berhasil. Guru pendidikan agama islam dalam melaksanakan tugas dikelas mampu memberikan pemahaman dan penerapan pembelajaran anti Radikalisme agar siswa-siswi terhindar dari bentuk aksi tersebut, bentuk upaya yang di lakukan yaitu. Pertama guru memberikan pengajarannya secara terus menerus di dalam kelas maupun di luar kelas, supaya siswa-siswi memahami nilai-nilai agama, nilai-nilai toleransi dan kedamaian yang tertanam, supaya terhindar dari salah satu sifat radikalisme. Kedua guru menerapkan dan mengembangkan desain pembelajaran PAI yang tepat dan sesuai kepada siswa-siswi dengan melihat lingkungan dan kondisi saat itu. Ketiga guru sering memberikan nasihat dan motivasi kepada siswa-siswi supaya terhindar dari rasa benci antar sesama siswa, terhindar rasa ingin berkelahi dan juga beberapa aksi yang berkaitan dengan radikalisme. Di harapkan nasihat yang di berikan oleh guru kepada siswa-siswinya mampu termotivasi dan memotivasi siswanya untuk selalu toleransi di lingkungan sekitar dan menghargai antar sesama manusia. Keempat guru sering mengevaluasi pembelajarannya maupun mengevaluasi siswanya. dengan adanya evaluasi maka guru kedepannya lebih percaya diri menegembangkan dan menerapkan desain yang telah disusun sedemikian rupa yang bertujuan pembelajaran bisa maksimal dan kendala-kendala terjadi sebelumnya bisa diatasi apa yang telah di rencanakan oleh guru pendidikan agama islam. 2) Hambatan dan solusi mengembangkan Desain Pembelajaran PAI dalam Menangkal Radikalisme di SMK N 1 Sayung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2023. Yaitu: pengawasan terhadap siswa-siswi, mengembangkan desain pembelajaran, menegakkan aturan yang tepat, melakukan evaluasi dan fasilitas yang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKisbiyanto, KisbiyantoUNSPECIFIED
Thesis advisorFu'adah, LailyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: desain, pembelajaran, pendidikan agama islam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:58
Last Modified: 24 Jul 2024 07:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11836

Actions (login required)

View Item View Item